Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi: Ist

15 Agustus 2018 14:34:46 WIB

MUBA, GLOBALPLANET.news - Sebanyak 23 desa di Kabupaten Muba, bakal menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang tersebar di 10 kecamatan. Pilkades tersebut dilaksanakan pada 11 November 2018 mendatang secara serentak.

"Untuk tahun ini ada Pilkades di 23 desa, dilaksanakan secara serentak. Pilkades nanti tetap menggunakan sistem manual, yakni dengan pemilihan langsung mencoblos ke TPS," ujar Plt Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahab Desa (BPMPD) Muba, Sahidi, saat dibincangi di kantornya, Rabu (15/8/2018).

Setiap desa, sambung Sahidi, maksimal calon yang mengikuti pemilihan, yakni lima orang. Dimana, setiap calom diharuskan memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditetapkan sesuai ketentuan, diantaranya syarat administrasi, kesehatan dan lainnya.

"Seluruh calon kades itu harus mengikuti tes Narkoba langsung di BNN, tes psikologi dan tes kesehatan di RSUD Sekayu. Khusus untuk administrasi, seperti pemeriksaan ijazah kita melibatkan Disdikbud agar dilakukan penelitian keabsahan ijazah," jelas dia.

Terkait soal ijazah para calon Kades, kata Sahidi, dilakukan pemeriksaan ketat, lantaran untuk menghindari adanya indikasi ijazah palsu. Hal ini dikarenakan sebelumnya terdapat Kades yang ketahuan menggunakan ijazah palsu. Dimana, minimal pendidikan calon Kades yakni SMP. 

"Tahapan penetapan bakal calon Kades menjadi calon Kades dilaksanakan 16 Oktober. Saat ini kita sudah membentuk panitia pemilihan di desa yang menyelenggarakan Pilkades," tandas dia.

Adapun desa yang melaksanakan Pilkades, yakni Desa Mekarsari dan Sri Damai, Kecamatan Keluang, Desa Sinar Jaya, Talang Simpang, Bangkit Jaya dan Jirak, Kecamatan Jirak Jaya. Desa Nusa Serasan dan Suka Damai Baru, Kecamatan Sungai Lilin. Desa Supat Timur, Seratus Lapan, Babat Ramba Jaya, Kecamatan Babat Supat. 

Desa Ulak Paceh, Kecamatan Lawang Wetan. Desa Mulya Agung, Jaya Agung, Galih Sari, dan Madya Mulya, Kecamatan Lalan. Desa Suka Maju dan Sumber Rejeki, Kecamatan Plakat Tinggi. Desa Wonorejo dan Lubuk Harjo, Kecamatan Bayung Lencir. Desa Sidomulyo dan Sinar Tungkal, Kecamatan Tungkal Jaya. Desa Sridamai, Kecamatan Keluang, dan Desa Macang Sakti, Kecamatan Sanga Desa.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : Amizon 571