loader

Antara K-Popers, Akulturasi Budaya dan Jati Diri Bangsa

Foto
Amanda Davina Putri

Bahkan kemampuannya sempat diragukan oleh agensi. Oleh karena itu Jimyn membulatkan tekad. Pria ini adalah seorang pekerja keras. 

Ia hanya tidur sekitar 2-3 jam saja dalam sehari. Pukul 7 sampai pukul 3 dia bersekolah sepulang sekolah dia habiskan waktunya untuk latihan hingga 4 pagi. Bahkan Jimin sering sekali merasa tidak percaya diri dengan berat badannya hingga dia melakukan diet ketat.

Karena terlalu memaksakan diri, acapkali dia mengalami mimisan sampai pingsan saat latihan. Hal tersebut sangat membuat member lain khawatir. 

Sebelum menjadi traine di Big Hit entertainment, Jimin sempat menyerah terhadap mimpinya karena Jimin berasal dari keluarga yang kurang mampu jadi ia tidak bisa membayar kelas dance dan nyanyi.

Selain itu, ayahnya Jimin juga sempat tidak menyetujui impian Jimin menjadi seorang penyanyi karena ayahnya  menginginkan dia menjadi pegawai negeri. Ayah Jimin berpikir bahwa menjadi seorang penyanyi belum tentu ia memiliki gaji yang tetap.

Lalu, Jimin dan gurunya berhasil meyakinkan sang ayah akhirnya Jimin bisa bersekolah di Busan High School of Art dan guru Jimin pun menyarankan ia untuk mengikuti audisi Big Hit Enterteiment. 

Di sekolah ini juga Jimin bertemu dengan Kim Taehyung. Jimin dan Taehyung merupakan teman seperjuangan. Berkat Taehyung juga Jimin bisa menjadi debut di BTS. Taehyunglah orang yang meyakinkan pihak agensi bahwa Jimin mampu debut sebagai BTS. Dan akhirnya Jimin debut menjadi anggota BTS pada tanggal 13 Juni 2013.

Berhasil debut di BTS, bukan berarti rintangan Jimin selesai. Setelah debut dia banyak menerima hujatan dari netizen korea maupun netizen internasional. 

Mereka menyebut Jimin tidak memiliki kualitas yang bagus untuk standar K-POP. Bahkan, tidak sedikit juga orang yang menyuruh Jimin untuk keluar saja dari grup BTS. Namun sekali lagi Jimin berhasil membuktikan bahwa dia memiliki kualitas yang baik. Terbukti Jimin selalu menjadi ranking pertama brand reputation Korea Selatan.

Penetrasi Budaya

Munculnya budaya k-pop di Indonesia ini menciptakan “Hallyu” atau “Demam Korea” dikalangan remaja Indonesia. Adanya “Hallyu” ini membuat para remaja Indonesia menjadi sosok yang fanatik terhadap k-pop, sehingga mereka rela mempelajari kultur budaya Korea Selatan selaku negara yang menyebarkan k-pop. Para remaja yang menggandrungi k-pop ini seringkali melupakan kearifan lokal negara sendiri. 

Alhasil, beberapa penggemar k-pop ini lebih percaya diri menggunakan kultur budaya Korea Selatan dibandingkan budaya Indonesia sendiri.

Mengapa penyebaran k-pop di Indonesia ini begitu cepat? Jawabannya adalah internet, era 4.0 membuat semua orang bisa dengan mudah mengakses internet hanya dari jemari. Melalui perkembangan k-pop yang begitu pesat melalui boyband dan girlband yang menarik minat remaja Indonesia, dengan menawarkan musik serta paras dari member boyband dan girlband yang menarik perhatian remaja Indonesia. 

Proses itu akhirnya melahirkan penetrasi budaya, yaitu masuknya pengaruh suatu kebudayaan kebudayaan lain. Dimana penetrasi Budaya K-Pop ini masuk dengan damai, karena penerimaan kebudayaan ini tidak mengakibatkan konflik di masyarakat.

Fanatisme K-popers Terhadap Budaya Idolanya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2009), fanatisme adalah suatu keyakinan atau kepercayaan yang kuat terhadap suatu ajaran (politik, agama, dan sebagainya). Fanatisme sendiri bisa disebut orang yang menyukai sesuatu secara berlebihan. 

Kpopers yang memiliki jiwa fanatik ini mengalami perubahan kultur budaya yang menimpa remaja Indonesia ini terlihat dari penggunaan bahasa, gaya berpakaian, dan makanan. 

Mulai dari cara menyapa yang menggunakan kata “annyeonghaseo”, terkejut “omona”, benarkah? “jinjjayo?”, tidak tahu “molla”, dan beberapa kata Korea yang populer dikalangan penggemar k-pop Indonesia.

Penggunaan bahasa populer Korea ini membuat penggunaan bahasa daerah makin merangkak mundur. 

Selain gaya bahasa yang lambat laun berubah, gaya berpakaian para remaja k-pop ini lebih condong ke Korean Style. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki gaya berpakaian remaja masa kini bisa terbilang aneh. 

Untuk makanan Korea Selatan yang terkenal dikalangan fans seperti bulgogi, kimchi, ramyeon, bibimbap, dan kimbap yang merupakan menu wajib yang harus dicicipi oleh penggemar k-pop. 

Padahal, seperti yang kita tahu makanan khas Indonesia kini makin sulit dijumpai karena bersaing dengan makanan dari budaya asing yang masuk ke Indonesia, salah satunya makanan Korea.

Share

Ads