loader

Hari Ketiga Peringatan Pertempuran Lima Hari Lima Malam di Monpera Dengan Sejumlah Kegiatan Seni dan Budaya

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET -  

Rangkaian kegiatan peringatan pertempuran lima hari lima malam di Palembang yang dipusatkan di Monpera, berlangsung dengan sejumlah kegiatan seni dan budaya, Selasa (3/1/2023).

Kegiatan ini banyak sekali di minati masyarakat, Penanggung jawab acara Vebri Al Lintani mengungkapkan bahwa kegiatan di mulai pukul 14.00 WIB di Monpera dengan di awali atraksi lukis dengan tema Pertempuran Lima Hari Lima Malam.

"Dan baca puisi, salah satu tokoh yang hadir adalah Dr Latifah Ratnawati Hanum yang merupakan guru besar FKIP  Bahasa Universitas Sriwijaya (Unsri) dan suaminya  Drs Tarmizi Mairu , mereka ini memang penggemar sastra dan puisi dan kita merasa di hargai , ada tamu kehormatan itu Dr Latifah Ratnawati Hanum yang merupakan guru besar FKIP  Bahasa Universitas Sriwijaya (Unsri) dan suaminya  Drs Tarmizi Mairu," katanya.

Juga hadir penyair Sumsel seperti Heri Mastari  lalu siswa SMK 2 Palembang dan Isnayanti Safrida , Fir Azwar.

"Ada 10 pelukis tadi dan kemudian ada satu anak bertalenta bagus  yang belajar sendiri membawakan Reog Ponorogo. Dia  masih kelas 2 SD atas nama Ican," jelasnya.

Mantan Ketua Dewan Kesenian Palembang (DKP) ini menilai hari ini cukup banyak masyarakat dan antusias masyarakat mengikuti rangkaian peringatan Pertempuran Lima Hari Lima Malam di Monpera."Ada anak-anak sekolah, ada siswa yang ikut, itu artinya pesan kita ke milenial bisa langsung contohnya hari ini," ungkapnya.

Untuk acara hari ke empat, Rabu (4/1) menurut Vebri ada pameran barang antik atau jadul dan sepeda Ontel. "Ada pantomin  dari Wak Dollah CS itu semuanya di mulai jam 14.00 WIB lalu ada juga Reog Ponorogo oleh Ican, selain musik standby juga disini," jelasnya.

Kemudian, Malamnya habis Sholat Isya atau jam 20.00 WIB digelar acara renungan suci 1000 lilin di Monpera dan sebelumnya digelar acara nonton bareng  film De Oost pada pukul 18.30 WIB hingga pukul 20.00 WIB di Monpera.

Sementara, Ketua panitia Dr Dedi Irwanto MA mengatakan, acara hari ini sedikit berbeda dengan dua hari yang lalu, karena pada hari  kedua ini  hadir siswa SMA dan SMK baik pada acara pembacaan puisi Pertempuran Lima Hari Lima Malam maupun pada ekspresi lukisan Pertempuran Lima Hari Lima Malam.

"Selain itu hadir juga beberapa mahasiswa dari PTN dan PTS di Palembang, tentu diharapkan kegiatan ini membawa dampak pada generasi milenial untuk mengingat peristiwa bersejarah yang dikatakan terbesar di Palembang yaitu Pertempuran Lima Hari Lima malam dari tanggal 1 Januari hingga 5 Januari 1947," tambahnya.

Sehingga dalam dua hari kedepan dia berharap bertambah lagi yang mengikuti kegiatan ini terutama pelajar dan mahasiswa yang hadir dalam peringatan Pertempuran Lima Hari Lima Malam

Share

Ads