loader

Bupati Muba Didaulat Jadi Pembicara Utama Andalas Forum II di Palembang

Foto

MUBA, GLOBALPLANET - Dipilihnya orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate itu bukan tanpa alasan. Dodi dinilai berhasil menerapkan Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) dengan replanting terbesar di Indonesia menggunakan dana dari Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP).

"Andalas Forum ini merupakan kegiatan GAPKI Region Sumatera dengan anggota berasal dari Aceh, Sumut, Riau, Sumbar, Jambi, Sumsel, Bengkulu. Forum ini termasuk seminar dan pameran, disini Bupati Muba akan menjadi pembicara," ujar Dewan Pembina GAPKI Sumsel, Hary Hartanto, Rabu (15/1/2020).

Dimana nantinya, pada seminar dan pemeran dengan event organizer (EO) globalplanet.news, Bupati Muba Dodi Reza menjadi pemateri di hari pertama setelah pembukaan bersamaan dengan Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS), Dono Boestami pada sesi materi terkait Pemberdayaan Petani.

Dalam Andalas Forum II ini, sambung dia, jumlah peserta diperkirakan mencapai 400 orang yang terdiri dari anggota GAPKI, petani sawit, mahasiswa, dan seluruh stakeholder di bidang perkebunan kelapa sawit.

"Sumsel, terkhusus Muba memiliki keunggulan, replanting pertama menggunakan dana BPDP sejak 2017 hingga saat ini. Muba juga bekerjasama dengan ITB untuk hilirisasi, pembangunan pabrik biofuel dan lainnya. Jadi sudah sepantasnya Bupati Muba menjadi pembicara," beber dia.

Menanggapi hal itu, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin, memastikan dirinya akan menjadi pembicara dalam Forum Andalas II. "Ini bagus, saya confirm untuk hadir. Kelapa sawit ini memang menjadi fokus kita, salah satunya PSR ini," jelas dia.

Selain replanting, sambung Dodi, saat ini juga Muba sedang menggarap pembangunan pabrik IPO-CPO yang kaitannya untuk pengelolaan kelapa sawit menjadi bahan bakar nabati atau biofuel. "Dalam realisasi ini Pemkab Muba menggandeng ITB, Insya Allah target kita pada 2021 nanti realiasi pabrik IPO-CPO mulai berjalan," kata dia.

Dodi juga menyebutkan dirinya akan terus bersinergi dengan berbagai pihak utamanya Gapki Sumsel dalam kaitan pemberdayaan petani kelapa sawit dan industri kelapa sawit. "Sinergi dengan Gapki akan terus dimaksimalkan," tandas dia.

Share

Ads

Berita Pilihan

Terpopuler