loader

Demi Kesejahteraan Petani Sawit Rakyat, MUBA Serius Garap Realisasi Bensin Sawit

Foto

MUBA, GLOBALPLANET - Guna memberikan manfaat tinggi minyak sawit kepada masyarakat, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan bertekad membangun pabrik pengolahan minyak sawit menjadi bensin, yang dikenal dengan Bensin Sawit (Bensa).

Dalam kunjungan ke PT Pura Barutama Divisi Engineering, Selasa (11/1/2022), selaku pabrik yang akan memproduksi minyak sawit menjadi bensin, Kepala Bappeda Muba, Iskandar Syahrianto, mengungkapkan, pihaknya serius menggarap realisasi Bensa dengan menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB), alhasil Muba juga telah merealisasikan pabrik Industrial Vegetable Oil (IVO) yang terintegrasi dengan perkebunan sawit milik rakyat.

"Untuk Muba kita konsen produksi IVO guna memenuhi kebutuhan bensin sawit tersebut dan kebutuhan Pertamina untuk di co-processing di Kilang Plaju," terang Iskandar dalam laman resmi Pemda Muba.

Lebih lanjut kata Iskandar, pabrik ini bakal berkapasitas 1.000 liter/hari dimana bahan bakunya berasal dari IVO yang di produksi di Unit Musi Banyuasin yang mana menggunakan Tandan Buah Segar (TBS) Sawit dari hasil program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Kecamatan Sungai Lilin dan Keluang.

Share

Ads