loader

Demi Kesejahteraan Petani Sawit Rakyat, MUBA Serius Garap Realisasi Bensin Sawit

Foto

"Dimana tim katalis “merah Putih” tersebut dipimpin oleh Prof Subagyo, hasil produksi bensin sawit tersebut langsing diujicoba di kendaraan R2-R4, unit Bensa ini dibiayai oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS)," katanya.

Sementara Plt Kadisbun Muba, Akhmad Toyibir mengungkapkan, perjalanan panjang PSR Musi Banyuasin dari hulu ke hilir mengantarkan mewujudkan kepastian penguatan hulu menjaga produktifitas serta menguatkan pekebun kelapa sawit rakyat untuk kesejahteraan ekonomi dari sektor perkebunan dan terbukti mensukseskan program strategis nasonal (PSN) Indonesia.

"Muba sebagai pilot project pengembangan hilirisasi peremajaan sawit rakyat menjadi energi baru terbarukan, hari ini bertempat di kilang pabrikasi PT. Pura Barutama Kudus telah dilakukan launching produksi bensin sawit kapasitas 1.000 liter per hari," tuturnya.

Dikatakan, pengolahan IVO yang di produksi oleh Muba yang berasal dari kebun peremajaan sawit rakyat menjadi bensin sawit hingga ron 110, hampir satu tahun proses uji coba produksi IVO sebagai bahan baku untuk bensin sawit dilakukan oleh tim ITB dan berhasil dengan standar SNI8875:220 dan saat ini telah berhasil juga produksi menjadi bensin sawit melalui teknologi katalis dilakukan bersama oleh tim ITB

Plt Bupati Muba Beni Hernedi, menjamin akan terus mendukung petani sawit rakyat di Muba melalui program yang pro petani sawit mandiri. "PSR sudah dimulai dari Muba, oleh sebab itu program program lainnya demi kesejahteraan petani sawit rakyat Muba akan terus digencarkan," tandas Beni.

 

Share

Ads