loader

GAPKI Jamin Ketersediaan CPO Cukup untuk Minyak Goreng

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) menjamin ketersediaan minyak sawit sebagai bahan baku industri minyak goreng. Hal ini sejalan dengan upaya mendukung program minyak goreng satu harga yang berjalan selama enam bulan.

“GAPKI mendukung program pemerintah dalam pelaksanaan minyak goreng. Walaupun tidak berhubungan langsung dengan (industri) minyak goreng. Kami dapat katakana ketersediaan CPO sangat cukup untuk menjadi bahan baku minyak goreng,” ujar Joko Supriyono, Ketua Umum GAPKI dalam Rapat Dengar Pendapat umum (RDPU) Komisi VI DPR RI, Rabu (19/01/2022).

Pernyataan ini direspon positif Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih yang menjadi pimpinan RDPU tersebut. Ia mengatakan jaminan ketercukupan minyak sawit sebagai bahan baku minyak goreng menjadi sangat penting sekarang ini.

”Yang menarik ketersediaan CPO cukup untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng nasional. Ini keypoint yang saya inginkan,” jelas Politikus Golkar tersebut.

Joko Supriyono mengatakan produk olahan CPO masuk ke sektor hilir yang digunakan ke pasar domestik dan ekspor. Pada 2020, penggunaan domestik sebanyak 17,3 juta ton dan jumlah untuk ekspor 34 juta ton dari total produksi sebanyak 51,5 juta ton. Terdiri dari CPO 47 juta ton dan Palm Kernel Oil (PKO) berjumlah 4,5 juta ton.

Share