loader

2 Gubernur di Sumatera Surati Presiden Jokowi Minta Cabut Larangan Ekspor CPO

Foto

"Kami sudah mengajukan permohonan kepada Bapak Presiden kiranya dapat meninjau kembali. Sehingga persoalan ini dapat diatasi," kata Syamsuar, Selasa (17/5).

Syamsuar turut memberikan beberapa alasan dalam surat itu. Mulai dari harga anjlok, kemungkinan tangki timbun penuh hingga TBS tidak laku dijual.

"Pertama soal harga terus menurun. Kedua soal kemungkinan tangki timbun penuh, kalau penuh berarti PKS tak bisa produksi dan tidak bisa beli TBS," katanya.

Pengiriman surat itu bukan tanpa alasan. Sejumlah petani yang ada di Riau menjerit karena harga TBS murah usai adanya larangan ekspor tersebut.

Salah satunya dirasakan David Sianturi yang merupakan petani sawit asal Kabupaten Kuantan Singingi. David mengaku harga sawit anjlok drastis pada tingkat petani mandiri.

"Sebelum larangan ekspor CPO oleh Pak Presiden, harga masih Rp 3 ribu lebih. Ini sekarang tinggal Rp 1.000, bahkan harga ada yang di bawah Rp 1.000," kata David, Selasa (17/5/2022).

Akibat anjloknya harga TBS sawit, petani mulai merana. Sebab harga sawit anjlok, tapi harga pupuk kimia masih bertahan di harga tertinggi yakni Rp 600-800 ribu/karung 50 Kg.

"Kita mirisnya itu harga sawit turun. Tetapi lihat harga pupuk masih tinggi, mana bisa petani memupuk lagi. Harga sawit tingkat petani sudah tidak imbang untuk membeli pupuk," katanya. (detikcom)

Share

Ads