loader

Petani Sawit Apresiasi Keputusan Presiden Jokowi Membuka Lagi Ekspor CPO dan Turunanya

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Sejumlah organisasi petani sawit di Indonesia mengapresiasi keputusan Presiden Jokowi terkait pencabutan larangan ekspor CPO yang akan berlaku mulai Senin tanggal 23 Mei 2022, pekan depan.

Organisasi petani sawit seperti Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS), Apkasindo Perjuangan, Forum Petani Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (FORTASBI), dan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perkebunan Inti Rakyat (ASPEKPIR).

Selain itu, Perkumpulan Forum Petani Kelapa Sawit Jaya Indonesia (POPSI), Serikat Petani Indonesia (SPI), dan Jaringan Petani Sawit Berkelanjutan Indonesia (Japsbi)

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) mengapresiasi langkah pemerintah yang membuka kembali ekspor minyak goreng.

Ketua Umum Apkasindo Gulat Manurung mengatakan, sejak pemerintah melarang ekspor CPO, minyak goreng dan bahan baku minyak goreng, petani kelapa sawit mengalami masa sulit dan berat. Larangan ekspor tersebut juga berakibat pada anjloknya harga tandan buah segar (TBS) sampai 70%.

“Tapi kami Petani Sawit berhasil melaluinya dan menunjukkan komitmen bernegara, tidak melakukan hal hal anarkis,” kata Gulat saat dikonfirmasi, Kamis (19/5).

Gulat menyatakan, sawit merupakan sumber nafkah petani kelapa sawit sekaligus harapan dan masa depan ekonomi Indonesia, sawit juga telah menjadikan Indonesia disegani dunia. Apkasindo sepakat minyak goreng sawit (MGS) harus tersedia dan terjangkau di masyarakat (domestik).

“Kami Petani Sawit sangat terhormat diberi kesempatan untuk mewujudkan harapan Presiden tersebut,” ucap Gulat.

Gulat mengatakan, langkah Jokowi mengambil keputusan yang tidak populer tersebut tentu sudah mempertimbangkannya dari semua aspek dan terukur. Oleh karena itu Apkasindo mengajak semua pihak menjadikan peristiwa larangan ekspor tersebut sebagai intropeksi diri sawit Indonesia.

Selain itu, menjadikannya pelajaran untuk naik kelasnya tatakelola sawit Indonesia dari aspek ekonomi, sosial, dan ekologi. Terkhusus naik kelasnya petani sawit menatap masa depannya.

Share

Ads