loader

Kemenkeu Beberkan Kontribusi Industri Sawit Terhadap Perekonomian Indonesia

Foto

“Serapan tenaga kerja UMKM mencapai 99 persen dari total pelaku usaha di Indonesia. Ketahanan dan kemajuan perekonomian Indonesia tidak akan bisa dilakukan tanpa adanya UMKM,” tambah Agung.

Melalui program itu pula, Kemenkeu melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) telah mendukung UMKM berbasis kelapa sawit. Misal, peluncuran pengembangan santripreneur berbasis sawit yang diharapkan dapat melahirkan wirausahawan baru di sektor tersebut.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama BPDPKS Eddy Abdurrachman menyampaikan, pihaknya memiliki misi menjalankan kebijakan pemerintah mengembangkan sawit berkelanjutan. Hal itu dilakukan melalui penghimpunan, pengembangan, dan penyaluran dana kelapa sawit.

“Itu dilakukan secara terpadu dan tepat guna, profesional, akuntabel untuk kepentingan pengembangan SDM, penelitian dan pengembangan, promosi, peremajaan perkebunan kelapa sawit rakyat, sarana dan prasarana untuk perkebunan kelapa sawit, pemenuhan kebutuhan pangan, hilirisasi perkembangan kelapa sawit dan penyediaan serta pemanfaatan bahan bakar nabati dalam bentuk biodiesel,” jelasnya.

 

Share

Ads