loader

Ganoderma Jadi Ancaman Serius Bagi Pekebun Sawit

Foto
Sawit yang diserang Ganoderma

MUBA, GLOBALPLANET - Sebanyak 61 orang Pekebun sawit dari 5 KUD di Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA), mengikuti Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit kerjasama BPI – BPDPKS – DITJENBUN yang dilaksanakan sejak tanggal 18 Juli 2022. Pelatihan ini merupakan lanjutan, setelah sebelumnya pelatihan telah dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2022.

Pelatihan Teknis Budidaya ini akan berakhir pada 23 Juli 2022 yang pada akhir pelatihan akan dilakukan kunjungan belajar ke Seed Processing Unit PT Bina Sawit Makmur (SAMPOERNA AGRO) di Palembang.

Best Planter Indonesia menegaskan 3 pilar produktifitas tanaman sawit adalah Bibit, Pupuk Dan Populasi atau disingkat BPDP, singkatan ini mudah untuk diingat karena nama BPDP sudah lebih sering didengar, namun untuk konteks kebun sawit kepanjangannya memiliki makna tersendiri yaitu merupakan 3 kunci sukses membangun kebun sawit. Bibit, Pupuk dan Populasi merupakan harga mati yang harus secara disiplin dijalankan oleh para pekebun sawit sesuai praktek management terbaik (best management practices), kalau ingin produktifitas tanamannya tinggi sesuai potensi tanaman.

Isu kecukupan populasi atau jumlah tegakan tanaman per ha ini jarang dibahas oleh para pekebun sawit, tidak seperti bibit dan pupuk yang sering diperbincangkan antar mereka, padahal perhitungan produktifitas per ha diperoleh dari penjumlahan produksi dari seluruh tegakan tanaman dalam satu ha. Dalam berbagai kasus bisa saja produktifitas per pohon bagus tetapi kalau populasi tanaman rendah akibat banyak yang tumbang, maka produktifitas tanaman per ha otomatis akan rendah.

Ancaman rusaknya populasi tanaman saat ini adalah penyakit Busuk Pangkal Batang yang disebabkan oleh Ganoderma, oleh karena itu pengetahuan sistem pengendalian Ganoderma menjadi penting untuk diketahui dan dijalankan oleh para pekebun sawit khususnya pada kegiatan tanam ulang (replanting) yang sudah melewati satu generasi, dimana kualitas tanah kebunnya hampir bisa dipastikan tidak sebaik pada awal generasi,  sehingga rawan dengan berbagai penyakit tular tanah seperti Ganoderma.

Share

Ads

Berita Pilihan

Terpopuler