loader

GAPKI Dukung Upaya Mendag Percepat Ekspor Minyak Sawit

Foto

Sebelumnya, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menyatakan sedang mempertimbangkan untuk mencabut kebijakan domestic market obligation (DMO) dan domestic price obligation (DPO) minyak sawit. Rencana pencabutan itu lantaran pasokan CPO domestik telah melimpah sekaligus mempercepat realisasi ekspor.

“Saya lagi pertimbangkan, kalau teman-teman pengusaha sudah komitmen untuk memenuhi (pasokan minyak goreng) dalam negeri, mungkin saya pertimbangkan DMO tidak perlu lagi, kita pertimbangkan agar ekspor bisa cepat,” kata Zulkifli usai meninjau harga bahan pokok di Pasar Cibinong, Bogor, Jumat (22/7/2022).

   Namun, Zulhas menekankan, kebijakan itu masih dipertimbangkan sehingga belum dapat dipastikan kapan akan dicabut. Ia juga ingin mendapat jaminan dari pelaku usaha soal keamanan pasokan domestik.

“Kalau itu terjamin, kita komitmen dan tidak terulang lagi seperti yang lalu ada kelangkaan dalam negeri, kita pertimbangkan,” ujar Zulhas.

Ia pun menargetkan, kenaikan harga tandan buah segar (TBS) bisa naik hingga ke level lebih dari Rp 2.000 per kg. Zulhas mengatakan, upaya mendongkrak harga TBS juga telah menjadi instruksi langsung Presiden Joko Widodo.

 

Share

Ads