loader

BPDPKS Bekerja Sama LPIK ITB Lakukan Penelitian Kembangkan Bensin Sawit

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) melakukan kerjasama dengan Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk melakukan sebuah penelitian.

Kerja sama ini terkait dengan pelaksanaan penelitian Inovasi Lanjut Katalis & Teknologi Bensin Sawit dan Pengembangan Teknologi Produksi Percontohan Mixed Industrial Vegetable Oil (MIVO) dan Minyak Makan Sehat dari Kelapa Sawit.

Penandatangan perjanjian kerja sama dilakukan langsung oleh Direktur Utama BPDPKS, Eddy Abdurrachman di Bogor pada Rabu (21/9) lalu, bersamaan dengan penandatangan 46 perjanjian kerjasama penelitian dengan 24 lembaga penelitian dan pengembangan serta lembaga pendidikan.

Dari keterangan resmi yang diterima Gatra.com, Eddy menyebutkan bahwa kerja sama ini terkait dengan optimasi teknoogi produksi bensin sawit (bensa) dan penggunaan ragam umpan yang lebih fleksibel untuk mendapatkan bensin dengan harga yang lebih kompetitif.

Kemudian pengembangan teknologi percontohan Mixed Industri Vegetable Oil (MIVO) dan minyak makan sehat kapasitas 5 ton TBS/jam. Selanjutnya evaluasi keekonomian dan model bisnis produk pangan bernutrisi tinggi. Serta pengujian karakteristik dan organoleptik minyak makan sehat dan MIVO.

“Kegiatan penelitian ini akan dilaksanakan selama waktu 18 bulan yang dilakukan melalui konsorsium peneliti dari LPIK ITB, PT Kemurgi Indonesia dan Seafast IPB,” kata Eddy dalam keterangan itu.

Share

Ads