loader

Erick Thohir Ingin Indonesia Punya Banyak Pabrik Minyak Makan Merah 

Foto
Ilustrasi pabrik minyak makan merah. (Foto: Istimewa)

MEDAN, GLOBALPLANET - Menteri BUMN, Erick Thohir mengharapkan Indonesia memiliki banyak pabrik minyak makan merah. Bahkan Eick berharap pembuatan pabrik minyak makan merah di setiap 1.000 hektare lahan sawit dengan mekanisme pendanaan berasal dari kolaborasi kementerian koperasi dan pengusaha besar.

“Kita ingin beri terobosan, kalau bisa per 1.000 hektare lahan sawit, masyarakat punya pabrik sendiri sendiri,” kata Erick Thohir saat meresmikan Pabrik Minyak Makan Merah PTPN di Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (6/1/2023).

Menurutnya, dengan keberadaan pabrik minyak makan merah ini, maka ke depan tidak boleh terjadi lagi kelangkaan minyak goreng.

“Karena itu sekarang kita uji coba di tiga lokasi 1.000 hektare, satu pabrik bersama koperasi dan BUMN. Saya sudah minta BUMN harus pastikan harus ada pendampingan. Dengan pendampingan InsyaAllah pabrik akan terarah,” ucapnya.

Menurut Erick, keberadaan pabrik minyak makan merah ini dibuat agar BUMN bisa mengintervensi perekonomian khususnya dalam kelangkaan minyak goreng.

“Dengan ini kita tetap melibatkan ekonomi rakyat yakni petani. Jangan petani dijadikan posisinya sebagai objek. Kalau kampanye selalu bilang petani. Udah jadi malah lupa. Ini yang kita mau keberlanjutannya,” ujarnya.

Erick ingin memberikan kepercayaan kepada rakyat agar bisa mengelola sumber daya alamnya.

Share

Ads