loader

Sawit Punya Banyak Peluang Pasar, Pengusaha Cuek dengan Ulah Eropa yang Tak Bersahabat

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Sawit Indonesia masih banyak memiliki peluang pasar yang menjanjikan sehingga tidak merasa khawatir terhadap Undang-undang Produk Bebas Deforestasi yang bakal melarang sawit Indonesia masuk ke ke Eropa. 

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Joko Supriyono mengatakan, pihaknya optimistis pasar sawit akan terus tumbuh, karena sangat banyak industri membutuhkan minyak sawit. "Energi terbarukan butuh sawit, makanan juga butuh minyak sawit. Cokelat saja, kalau bukan dari minyak sawit teksturnya akan crack,” ujarnya, Rabu (25/1/2023).

Meski UU Deforestasi tersebut akan berdampak terhadap sawit, Joko meyakini pasar sawit dunia tetap akan tumbuh. Hal tersebut dibuktikan, dengan kasus Amerika Serikat yang saat ini meningkatkan impor sawit dari Indonesia. “Amerika sudah 2 juta lebih saat ini impornya, dulu hanya 400.000-an,” ujar Joko.

Direktur Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (Gimni) Sahat Sinaga mengatakan, Indonesia tidak akan kehilangan pasar untuk sawit. Apalagi, Sahat berujar, dengan kondisi Tiongkok dan Pakistan yang saat ini mulai menaikkan kuota impornya.

Di samping itu, Sahat menuturkan bahwa potensi pasar di negara-negara Asia Tengah pun sangat besar. “Makanya Kemendag buatlah Indonesia Incorporated di sana. Negara-negara Kazakhstan dan lain-lain itu marketnya besar,” tutur Sahat.

Mengutip data Badan Pusat Statistik, ekspor sawit Indonesia pada 2022 sebesar 30,8 juta ton, lebih rendah dari 2021 sebesar 33,67 juta ton. Ini merupakan tahun ke-4 ekspor sawit turun secara berturut-turut.

Nilai ekspor CPO, olahan, dan turunannya pada 2022 mencapai US$39,28 miliar, lebih tinggi dibandingkan 2021 sebesar US$35,5 miliar. Ini terjadi karena memang harga produk sawit pada 2022 relatif lebih tinggi dari harga 2021.

Adapun, 10 negara tujuan ekspor minyak sawit Indonesia berturut-turut adalah China, India, Amerika Serikat, Pakistan, Malaysia, Belanda, Bangladesh, Mesir, Rusia, dan Italia. Peringkat Amerika Serikat naik dari peringkat 5 pada 2020 menjadi peringkat 3 sebagai negara pengimpor utama produk sawit Indonesia pada 2022.

Share

Ads