loader

Hadiri Pelatihan Pengembangan Kapasitas Usaha, Wagub Sumsel: Dorong Daya Saing UMKM 

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya menghadiri dan membuka pelatihan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU), di Gedung Dinning Hall Jakabaring Rabu (8/3) siang. Kegiatan pelatihan kepada Perempuan Ultra Mikro binaan PT permodalan Nasional Madani (PNM) atau Nasabah PNM Mekar, merupakan pelatihan yang memberikan pengetahuan tentang literasi keuangan dan digital kepada para peserta.

Kegiatan ini juga sekaligus pendampingan antar PNM dengan nasabah yang tujuannya mendorong para nasabah PNM agar dapat meningkatkan pengetahuan dengan pentingnya memiliki perijinan usaha (NIB).

"Dari pelatihan ini kita harapkan  dapat meningkatkan fasilitas pembiayaan dari perbankan, peluang mendapatkan pelatihan, dan kesempatan mengikuti pengadaan barang atau jasa pemerintah yang bisa menambah kesejahteraan keluarga," tegas mantan Bupati Ogan Ilir. 

Pemprov Sumsel akan selalu mendukung kegiatan pelatihan yang dapat mengembangkan dan mendorong peningkatan daya saing UMKM di Provinsi Sumsel.

"PT Permodalan Nasional Madani yang memiliki program kapasitas usaha dan kelompok, bertujuan untuk memberikan pendampingan serta pembinaan kepada UMKM yang merupakan binaan PNM," tambahnya. 

Dikatakan, salah satunya  adalah pembiayaan Ultra Mikro Kecil (UMI) merupakan program tahap lanjutan dari program bantuan sosial yang dapat membuat UMKM mandiri dalam berusaha melalui program kredit usaha. “Kami berharap melalui permodalan ini akan menjadi besar akan terus tumbuh," harapnya. 

Melalui pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM, khususnya kepada wanita prasejahtera, Wagub berharap dapat meningkatkan pengetahuan UMKM terutama tentang pembiyaan, izin usaha (NIB) dan digitalisasi penjualan online. “Melalui forum ini saya berharap dapat melahirkan UMKM yang tangguh dan berdaya saing," pungkasnya.

Share

Ads