loader

Soal Hukum, Ini Usulan Sumsel ke Menkopolhukam Mahfud MD

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Gubernur Sumsel H Herman Deru mengusulkan agar Menkopolhukam Mahfud MD menghidupkan kembali keluarga sadar hukum (Kadarkum). Hal ini guna meningkatkan kesadaran hukum masyarakat.

Hal tersebut disampaikan saat menghadiri silaturahmi dan ramah tamah Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD, di Griya Agung, Jumat (17/6/2022) malam. 

Menurut Herman Deru masyarakat bukan apatis terhadap hukum namun memang literasinya yang cenderung masih kurang. Apalagi sarjana hukum yang tersebar di lapangan tidak semuanya menjadi praktisi hukum. Di antara mereka banyak juga yang menjadi pegawai pemerintahan, koorporasi dan lainnya. 

"Sehingga tidak punya banyak waktu untuk menjelaskan ke masyarakat. Untuk itu Kami mohon agar dapat dihidupkan lagi sejenis Kadarkum. Dari pengamatan yang dilakukan pelanggaran hukum ini rata-rata dilakukan orang yang tidak tahu bukan tidak taat hukum," jelasnya. 

Iapun  berharap lembaga seperti bimbingan hukum dihadirkan kembali karena  banyak potensi yang bisa menjadi literasi hukum di lapangan.

Share

Ads