loader

Presiden Umumkan Dirinya Positif Corona, Lopez Obrador: Masker Itu Penting

Foto

MEKSIKO, GLOBALPLANET. - "Dengan menyesal saya memberi tahu Anda bahwa saya terinfeksi Covid-19. Gejalanya ringan, tapi saya sudah menjalani perawatan medis," ujar Lopez Obrador dalam akun Twitter-nya pada Minggu (24/1).

"Seperti biasa, saya optimis. Kita akan melalui ini bersama-sama," tambahnya.

Direktur epidemilogi Meksiko, Jose Luis Alomia Zegarra mengatakan, Lopez Obrador memiliki kasus Covid-19 yang ringan dan diisolasi di rumah.

"Sebuah tim spesialis medis sedang menangani kesehatan presiden," tambahnya.

Lopez Obrador merupakan satu dari banyak pemimpin dunia yang dikritik atas penanganan wabah Covid-19. Ia jarang memakai masker dan mengeluarkan berbagai pernyataan tidak ilmiah terkait Covid-19, termasuk menggunakan jimat untuk melindungi Meksiko.

Pemimpin berusia 67 tahun itu juga dianggap menggunakan lock down untuk menghentikan aksi protes. Sementara masih menyapa pendukungnya dengan jabatan tangan dan pelukan.

Lopez Obrador juga menolak untuk menutup bisnis karena dapat menghancurkan ekonomi. Saat ini, Meksiko sudah mencatat lebih dari 1,7 juta kasus Covid-19 dengan lebih dari 149 ribu kematian. Itu adalah angka kematian tertinggi keempat di dunia setelah Amerika Serikat, Brasil, dan India.

Pada November 2020, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus mendesak para pemimpin Meksiko untuk lebih serius menangani pandemi.

"Kami ingin meminta Meksiko untuk bersikap sangat serius. Kami sudah katakan secara umum, memakai masker itu penting, kebersihan itu penting, dan jarak fisik itu penting. Kami berharap para pemimpin bisa menjadi contoh," imbaunya dilansir dari RMOL, Senin (25/1/2021).

Share

Ads