loader

Deal! Ekspor CPO Indonesia ke China Bertambah Sebanyak 1 Juta Ton

Foto

Asosiasi produk kelapa sawit dan turunannya terdiri dari Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI),  Gabungan  Minyak  Nabati  Indonesia  (GIMMI),  Asosiasi  Minyak  Makan  Indonesia  (AIMMI), Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (APOLIN). Sementara asosiasi produk perikanan terdiri dari Asosisasi Produsen   Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (AP5I), Asosiasi Pengelolaan  Ranjungan Indonesia  (APRI), Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI),sertaAsosiasi Demersal Indonesia (ADI).

Di saat yang bersamaan juga dilakukan penandatanganan 16 kontrak dagang pembelian  2,5  juta  ton produk CPO dan turunannya asal Indonesia dengan nilai USD 2,6 miliar. Penandatangan ini dilakukan oleh 9 pelaku usaha Indonesia dengan 13 buyers Tiongkok binaan CFNA. Kegiatan penandatanganan ini juga menjadi bagian dari rangkaian Trade Expo Indonesia ke-37.

Mendag Zulkifli Hasan mengapresiasi Pemerintah Tiongkok, Kedutaan Besar Indonesia di Beijing, serta semua  pihak  atas  dedikasi dalam mewujudkan kontrak kerja sama ini. "Tidak  lupa, saya sampaikan penghargaan  yang  setinggi-tingginya atas kerja sama dan dukungan dari asosiasi dan  pelaku usaha Tiongkok  dan para  asosiasi, serta  pelaku usaha  produk  kelapa  sawit Indonesia yang  berperan  aktif meningkatkan hubungan perdagangan kedua negara,"imbuh Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan berharap, dukungan Kementerian Perdagangan Tiongkok dalam upaya penanganan hambatan ekspor produk perikanan Indonesia dan bantuan kemudahan untuk masuk ke pasar Tiongkok. Selain itu, diharapkan  juga dukungan dan peran serta Pemerintah Tiongkok dalam upaya meningkatkan kerja sama perdagangan yang   seimbang, saling menguntungkan, dan berkesinambungan bagi kepentingan kedua negara.

Share

Ads