loader

Sepakbola U-20 Piala Gubernur Sumsel Ajang Jaring Talenta Muda Berbakat

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Piala Gubernur Sumsel Sepakbola U-20 Tahun 2022 resmi ditutup oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru. Penutupan kompetisi sekaligus pembagian hadiah pemenang yang bernilai puluhan juta di Lapangan Athletic Komplek Jakabaring Sport City (JSC), Kamis sore (17/11).

Usai menyerahkan hadiah utama senilai Rp30 juta kepada club sepakbola PS Palembang sebagai juara pertama, Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan, diadakannya kompetisi ini bukan hanya untuk mencari pemenang. Namun Ia ingin talenta-talenta berbakat pesepakbola lokal yang ikut berkompetisi dapat terjaring. Sehingga dapat mengisi komposisi timnas maupun club sepakbola profesional. 

"Ini memang tidak mudah. Namun pada saatnya nanti tentu kita harap akan ada pesepakbola aspi putra daerah yang berasal dari Sekip, dari Gandus atau Kertapati bahkan Tanjung Sakti atau Belitang menjadi pemain timnas atau club sepakbola profesional," ujarnya.

Meski tidak mudah, menurutnya semangat ini harus terus dipupuk salah satunya dengan menggelar kompetisi lokal secara rutin. 

"Sehingga bisa terjaring mereka yang berbakat dan dapat mengharumkan nama daerah dan bangsa Indonesia," jelasnya. 

Selain butuh waktu, proses melahirkan talenta lokal berbakat ini juga butuh konsistensi dari semua pihak tak terkecuali pemerintah daerah. Kompetisi ini tak hanya diperlukan bagi pesepakbola kategori dewasa dan remaja namun juga mulai dari anak-anak. 

"Sambil terus mempelajari teknik persepakbolaan tentang bagaimana menjadi juara dengan pembinaan yang tiada henti," tambahnya. 

 

Di ujung sambutannya Herman Deru juga mengapresiasi kepada para peserta dari 17 kab/kota yang sudah ikut berpartisipasi. Kepada para pemenang, Iapun tak lupa mengucapkan selamat. 

Sementara peraih Best Player Piala Gubernur Sepakbola U-20, Deco Harizaki asal PS Palembang sangat bersyukur karena Gubernur Sumsel Herman Deru telah berinisiatif menggelar kompetisi bergengsi seperti ini.

Menurutnya dengan kompetisi lokal yang rutin, akan dapat menambah semangat mereka para pemain muda untuk menampilkan kemampuan mereka di lapangan hijau. 

"Pastinya sangat berterimakasih. Kalau bisa kompetisi ini diadakan lagi setiap tahun biar banyak talenta muda yang lahir," pungkas pelajar kelas 12 SMAN 21 Palembang. 

Selain pembagian hadiah kepada Juara I, II, III dan IV, dalam kesempatan itu sejumlah piala juga dibagikan kepada wasit terbaik, top score dan best player. 

Adapun Sepakbola U-20 memperebutkan Piala Gubernur Sumsel Tahun 2022, masing-masing ditempati oleh Juara I dari PS Palembang mendapatkan hadiah Rp30 juta dan Piala Bergilir, Juara Kedua dari  Muaraenim Rp20 juta Juara III dari PPLDP Muba Rp12 juta dan Juara IV dari Banyuasin Rp8 juta. 

Share

Ads Ads