loader

2020 Dinkes Berencana Tambah Puskesmas yang Ter-Reakriditasi

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - "Sejauh ini sudah 11 yang tereakreditasi dan 5 Puskesmas diantaranya mendapat akreditasi Paripurna di tahun 2019. Tahun ini rencananya 10 Puskesmas yang tereakreditasi salah satunya Puskesmas 23 Ilir, Puskesmas Basuki Rahmat," ujar Letizia.

Penambahan jumlah reakreditasi tersebut bertujuan agar pelayanan kesehatan tidak stagnan, sehingga mutu pelayanan kesehatan meningkat. 

"Reakreditasi dilakukan setiap tiga tahun sekali, penambahan jumlah puskesmas juga kami tengah siapkan di Talang Jambe bangunan sudah siap tinggal melengkapi sarana dan prasarana kalau memang tahun ini sudah siap kita resmikan atau tahun 2021," ujarnya.

Untuk dana PBI tahun ini pihaknya menerima Rp17 Miliar sehingga JKN KIS tetap berjalan seperti biasa. UHC Palembang pun telah tercapai 96 persen sejak September 2019 daru target 95 persen. Artinya, masyarakat kota Palembang sudah tercover oleh JKN KIS.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Palembang Hj Eni Murdiani menambahkan untuk jumlah kelahiran bayi tahun 2019 di Puskesmas Palembang hingga November ada 22.409 jumlah ini menurun jika dibandingkan tahun 2018 yakni sebantak 26.837 kelahiran.

"Sedangkan angka kematian bayi ada 24 bayi 6 bayi neonatus, sedangan 2019 (hingga November) ada 29 kematian bayi," singkatnya

Share

Ads