loader

Bandara SMB II dan KKP Palembang Perketat Pengawasan Masuknya Virus Corona

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Antisipasi dilakukan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) Palembang adalah dengan memasang alat Thermal Scanner. Alat tersebut dipasang di pintu kedatangan internasional dan memanfaatkan thermometer infrared di pelabuhan Internasional.

"Kita telah berkoordinasi bersama KKP untuk memasang alat Thermal Scanner untuk memantau suhu tubuh manusia. Virus ini mempunyai ciri suhu tubuh yang tinggi, sehingga kalau ada yang lewat akan terpantau. Alat ini kita setting pada suhu 38° Celsius," jelas General Manager SMB II Fahroji melalui telepon, Kamis (23/01/2019

Fahroji melanjutkan, pihaknya berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Petugasnya akan memeriksa penumpang dengan sistem tracking. Hingga saat ini belum ada laporan penumoang yang terdeteksi terkena virus tersebut.

"Jadi alat thermal scanner ini nantinya menembak secara computerized dan langsung ditracking. Jadi muncul di komputer terkait suhu tubuh para penumpang. Sampai saat ini kita belum menemukan penumpang dari luar negeri yang terdeteksi virus Corona," ungkapnya.

Terpisah, Kepala KKP Palembang, Amelia mengatakan, bahwa sudah memasang alat pemindai suhu atau Thermal Scanner di pintu-pintu masuk, seperti di Bandara SMB II dan Pelabuhan.

"Untuk pelabuhan kami pasang di Pelabuhan Boom Baru Kota Palembang, dan pelabuhan Sungai Lumpur, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dengan pemeriksaan menggunakan Thermometer Infrared yang ditujukan kepada awak kapal satu persatu," urainya.

Ia menambahkan, jika tidak terdeteksi virus tersebut, bisa melanjutkan perjalanan pulang ke rumah. Namun jika terdeteksi maka akan dikirim ke rumah sakit Muhammad Hoesin Palembang sebagai rumah sakit rujukan untuk penyakit menular.

Share

Ads