loader

Kematian Akibat HIV/AIDS di Lahat Terus Bertambah 

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET - Jenis penyakit HIV/AIDS tidak bisa disepelekan. Catatan Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat tahun 2021 13 Orang terinveksi HIV/AIDS, bahkan, tiga diantaranya meninggal dunia. Ironisnya setiap tahun kematian terus bertambah. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Taufik M Putra melalui Kabid P2P disampaikan Kasi Pengendalian Penyakit Menular, Deni Julianto SKM Mkes mengungkapkan, mulai dari tahun 2019 total 14 ODHA, pengobatan 5 orang dan kematian 1 orang. 

Lalu, tahun 2020 total 14 ODHA, pengobatan 8 orang kematian 2 orang dan pada tahun 2021 total 13 ODHA, pengobatan 9 orang kematian 3 orang. 

"Ya,  kasus positif menyebar di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Lahat," kata Denny,  Rabu (10/11/2021).

Upaya mengatasi ataupun mencegah penyakit ini, Menghindari pemakaian narkoba,  jangan donor bila positif, kemudian praktik seks yang aman, untuk pria melakukan sunat,  menghindari kontak denganbdarah,  melakukannProfilaksis Pasca Pajanan (PEP).

"Untuk ibu hamil diskusikan dengan dokter kemudian harus jujur dengan pasangan,"jelasnya

Tidak sampai disitu,  lanjut Denny pemeriksaan atau tes HIV yang rutin wajib dilaksanakan. Sedangkan,  untuk keluarga ODHA pihaknya telah menyarankan untuk melakukan pemeriksaan dan mengedukasi tentang pencegahannya. 

"Untuk pemeriksaan ada di fasilitas kesehatan, fasilitasnya ada. Untuk program pemeriksaan gratis secara khusus dan masal dari kita (Dinas Kesehatan) belum ada," tutupnya.

Share

Ads