loader

Penelitian Tanaman Pengendalian DBD, Antarkan Minarti Raih Gelar Doktor di Unsri

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Banyak yang tidak tahu ternyata tanaman zodia (evodia suaveolens), merupakan tanaman yang mampu mengendalikan Demam Berdarah Dengue (DBD). Bagaimana tidak, aroma wangi khas daun tanaman ini ternyata mampu membuat takut nyamuk aedes aegypti.

Hal itu terbukti, setelah Minarti AmKeb SST MKes, mahasiswi Prodi S3 BKU Ilmu Lingkungan, Pascasarjana Universitas Sriwijaya ini berhasil meraih gelar Doktor setelah melakukan penelitian terhadap tanaman endemik yang berasal dari Provinsi Papua ini.

Disertasi yang berjudul Analisis Kesehatan Lingkungan pada Demam Berdarah Dengue dengan Pengendalian Vektor Menggunakan Tanaman Zodia (evodia suaveolens) di Kota Palembang, telah melalui sidang terbuka, Selasa (11/1/2022).

Dengan Pimpinan Sidang Prof. DR. Ir. Amin Rejo, M.P. Lalu Promotor : Prof. DR. Chairil Anwar,  DAP&E, SP.PARK, PH.D. CO-Promotor 1 : DR. Irfannuddin, SP. KO, M.PD. Ked. Kemudian CO-Promotor II : DR. Ir. Chandra Irsan, M.SI. serta tiga penguji yakni, Prof. DR. Nuzulia Irawan, M.S, Prof. DR. Ir. Nurhayati, M.SI, dan DR. Novri Kasari, S.KM, M.Kes.

Usai menjalani sidang terbuka, DR Minarti AmKeb SST MKes dikatakanya, bahwa tanaman zodia  tersebut merupakan tanaman yang ramah lingkungan, karena mengandung metabolit yang mampu mengusir nyamuk aedes aegypti.

"Hal ini terbukti dari hasil penelitian baik skala lapangan dan laboratorium. Kedepan menjadi pekerjaan rumah saya, untuk mensosialisasikan manfaat dan cara-cara pemanfaatannya untuk menurunkan angka DBD di Kota Palembang dan bahkan di tingkat nasional, karena tanaman ini dapat tumbuh pada berbagai lingkungan tanah dan iklim di Indonesia," ujarnya, yang juga Bidan ini.

Ibu satu anak ini menambahkan, bahwa penelitian tersebut dilakukanya selama dua tahun lamanya, dimulai dari studi awal, skala lapangan dan skala laboratorium, sehingga hasilnya tanaman zodia ini efektif untuk mengendalikan DBD.

"Memang sudah ada yang meneliti tanaman zodia ini. Namun, untuk yang membuktikan skala lapangan dan diuji dengan skala laboratorium dengan dua musim yakni musim hujan dan kemarau, saya menjadi yang pertama. Dan mudah-mudahan dengan ditemukannya hasil penelitian ini
menjadi sumbangsih bagi pemerintah," tambahnya.

Sementara, Promotor Prof. DR. Chairil Anwar,  DAP&E, SP.PARK, PH.D mengatakan, dari hasil penelitian tersebut memang benar ternyata tanaman zodia ini mampu mengendalikan DBD.

"Tanaman zodia ini mampu mengusir nyamuk aedes aegypti. Untuk itu, mudah-mudahan hasil penelitian ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat luas kedepannya," terangnya.

Share