loader

Pedagang Pasar di OKI Diberi Pemahaman Tentang Zat Berbahaya pada Makanan  

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Dinas Perdagangan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melakukan kerjasama dengan balai besar pengawasan Obat dan makanan (BPPOM) wilayah Sumbagsel, memberikan bembekalan dan sosialisasi tentang zat berbahaya pada makanan yang diperdagangkan.

Sosialisasi digelar Senin (28/3) bertempat di Halaman Kantor UPTD Pasar Kayuagung.

"Kerjasama yang terjalin ini, agar tercipta Pasar Aman Berbasis Komunitas, sekaligus bimtek tenaga pasar untuk deteksi dini pangan bebas dari bahan berbahaya," kata Agustini, SKM, M.Kes Koordinator substansi infokom BBPOM Palembang.

Kegiatan ini akan rutin dilakukan di Pasar Kayuagung. Lanjut dia, Oleh karena itu, Kita himbau agar para pedagang untuk tidak segan - segan, bila barang dagangannya ragu, karena menduga mengandung formalin, boraks atau zat pewarna pakaian.

"Pelatihan uji pangan bebas dari zat berbahaya ini juga diikuti dari UPTD Pasar Selapan," Jelas dia lagi.

Kepala Dinas Perdagangan OKI Drs. Alamsyah, MSi diwakili Sekretaris Dinas Drs. Legianto, M.E menjelaskan, Program ini akan dilakukan secara rutin untuk berikan pemahaman agar pedagang sadar akan bahayanya zat - zat itu bagi kesehatan.

"Terutama masyarakat yang konsumsi pangan mengandung zat  - zat berbahaya seperti Formalin, Boraks dan pewarna pakaian jika ternyata dibeli dari di Pasar Kayuagung. Kita berkomitmen melakukan dan mendorong kegiatan ini terus berjalan di Pasar Kayuagung,"kata dia. 

Share

Ads