loader

Era Kenormalan Baru, Saatnya Seniman Kembali Berkarya

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - "Hari ini semua seniman berkumpul bersilaturahmi, setelah beberapa bulan kita tidak ada kegiatan di luar. Kami bersama-sama menggali ide baru apa yang kiranya bisa dilakukan di saat adaptasi kenormalan ini berlangsung, setelah kita rumuskan barulah nanti akan direkomendasikan ke Pemerintah," ungkap Ketua DKP Iqbal Rudianto, Senin (17/8/2020).

Selama 3 hari 17-19 Agustus 2020, di Guns Cafe, melalui silaturahmi yang dinamai "Artnotmal" para seniman saling bertukar pikiran dan mencari ide yang nantinya akan menjadi acuan bagi iklim kesenian. "Bisa jadi kita modifikasi kegiatannya dan metodenya yang biasanya di luar ruangan kita buat di dalam ruangan dengan protokol kesehatan atau bisa juga secara virtual. Contoh, dokumentasi, pentas seni, pembuatan majalah apapun iti, bisa di lakukan secara virtual," jelasnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Kebudayaan kota Palembang Zanariyah menambahkan, ia menginginkan para seniman tetap dapat memposisikan dirinya sebagai seniman sejati di tengah pandemi dengan tetap berkarya. "Mereka harus tunjukkan bahwa sebagai seniman sejati harus terus berkarya, karena kalau berhenti mereka akan mati seninya. Walaupun kami tahu agak tersendat-sendat, kami selalu support apa kegiatan yang diadakan," kata dia.

Share

Ads