loader

Sekda Kukuhkan Pengurus Forum Anak Provinsi Sumsel Periode 2021-2023 

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Sekda Provinsi Sumsel S.A Supriono secara resmi mengukuhkan kepengurusan Forum Anak Provinsi Sumsel Tahun 2021-2023 di Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel, Jumat (19/8/2022) pagi. Forum ini diharapkan dapat menjadi media pemerintah mendengar dan memenuhi aspirasi anak-anak dalam proses pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dikatakan Sekda, anak-anak adalah pewaris dan penentu maju mundurnya negara dan bangsa Indonesia di masa depan. "Masa kanak - kanak adalah masa yang tak pernah terulang, sehingga hak-hak anak, wajib untuk dipenuhi. Sekali hak-hak anak tidak terpenuhi, maka anak-anak dan kalian semua tidak akan pernah dapat menikmatinya selama hidup," jelas Sekda. 

Secara filosofis lanjut Sekda Supriono anak mempunyai hak untuk dapat hidup, tumbuh dan berkembang serta berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan. Setiap anak berhak menyatakan dan didengar pendapatnya, menerima, mencari dan memberikan informasi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya demi pengembangan dirinya sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan dan kepatutan yang dijamin oleh Undang-Undang. 

Kebijakan pemerintah di bidang partisipasi anak antara lain adalah pembentukan wadah-wadah partisipasi anak sebagai media untuk mendengarkan dan menyuarakan aspirasi, pendapat dan harapan anak sebagai bentuk partisipasi anak dalam proses pembangunan dalam pembentukan forum anak. 

Forum Anak merupakan organisasi atau lembaga sosial yang digunakan sebagai wadah atau pranata partisipasi bagi anak yang belum berusia 18 tahun , dimana anggotanya merupakan perwakilan dari kelompok anak atau kelompok kegiatan anak yang dikelola oleh anak - anak dan perwakilan anak dari berbagai jenjang pendidikan formal yang dibina oleh pemerintah. 

Share

Ads