loader

Sang Penjaga Akan Tampil di Palembang, Merefleksikan Adat Tradisi Tunggu Tubang 

Foto

Masih kata Nurdin, karya ini sepenuhnya disupport Kemedikbud, LPDP, dengan Dana Indonesiana serta disupport pula oleh dinas kebudayaan Kota Palembang. Karya "Sang Penjaga" ini merupakan hasil seleksi proposal pendayagunaan ruang publik perorangan dari program dana Indonesiana 2022 dengan judul "Pengkemasan  Adat Tradisi Tunggu Tubang  Suku Semende, Sumatera Selatan Ke dalam Bentuk Seni Pertunjukan".

"Kalau tahun - tahun kemarin pernah ada program lain dan saya Alhamdulilah menjadi angkatan pertama untuk Palembang mendapatkan program bantuan dana Indonesiana tahun 2022 krn program ini baru diadakan pada tahun ini," jelasnya.

Dana Indonesiana ini menurutnya diberikan pemerintah melalui Kementerian pendidikan dan kebudayaan bersama LPDP Lembaga pengelola dana pendidikan untuk membantu para seniman dan pelaku seni dan budaya berkembang dan meraih prestasi serta menyalurkan ekspresi.

Saat mengajukan proposal untuk mendapatkan dana Indonesiana ini dirinya harus mengikuti serangkaian seleksi mulai dari substansi, administrasi dan jika dinyatakan lulus dilakukan pembinaan proposal penyempurnaan.

"Bulan September kemarin kami ke Jakarta setelah kami di nyatakan lolos lalu kami ikut lokakarya dari tanggal 20 sampai 23 September," katanya.

Melalui karya ini saya berharap semoga teman - teman Seniman dan pelaku budaya lainnya lebih peka akan bantuan bantuan yang disediakan oleh pemerintah untuk kita dalam berkarya dan membangun ekosistem kebudayaan khususnya kita di Kota Palembang. 

Share

Ads