loader

Herman Deru Ajak Pujasuma Muara Enim Turut Sukseskan GSMP

Foto

MUARAENIM, GLOBALPLANET - Gubernur Sumsel Herman Deru melantik Pujasuma  Wali Daerah, Wali Kecamatan, Wali Desa/Kelurahan, se-Kabupaten Muara Enim Masa Bhakti 2022-2027. Pelantikan di Pasar Rakyat Desa Karang Endah, Kecamatan Gelumbang, Minggu (18/12) siang.  

Herman Deru menegaskan lebih dari 40 persen penduduk Sumsel adalah masyarakat Pujasuma yang tetap menjaga tradisi jawa secara original, hidup berdampingan dengan penduduk pribumi. “Kekuatan budaya jawa yang masih terpelihara, jangan sampai putus  dari akar budaya,” katanya.

Pujasuma diharapkannya tidak menjadi suku yang ekslusif, harus membaur dalam kebudayaan, membaur dalam silaturahmi dan dalam ekonomi. “Kekuatan pembangunan itu salah satunya solid, Sumsel ini kelebihannya zero konflik, tidak ada kerusuhan antar umat beragama, atas suku atau etnis. Ini semua berkat kerjasama yang baik antara  Pujasuma dengan suku bali,  suku komering baik, dengan orang batak baik, jadi ini tugas pak Adi suranto sebagai ketua Pujasuma Muara Enim mempertahankan keindahan ini,” harapnya.

Provinsi Sumsel lanjut Herman Deru saat ini menjalankan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP), untuk mengubah maindset masyarakat yang tadinya pembeli menjadi penghasil. Karena itu dia mengajak warga Pujasuma turut andil berkontribusi dalam mensukseskan GSMP.

“Sudah terbukti  GSMP mampu menurunkan angka kemiskinan, mayoritas petani memberikan kontribusi dalam  ketahanan pangan,” tambahnya.

Sementara Dewan pembina Pujasuma kabupaten Muara Enim yang juga sebagai Penjabat Bupati Kabupaten Muara Enim Kurniawan, mengucapkan selamat kepada Pujasuma Muara Enim yang baru dilantik dan Ia mendoakan semoga Pujasuma untuk tetap solid. “Terima kasih telah mewarnai indahnya keberagaman di Bumi Serasan Sekundang,” pungkasnya.

Share

Ads