loader

Ratusan Peserta Burung Kicau Antusias Mengikuti Festival POBC Cup Ke-1 

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Ratusan pencinta burung kicau antusias mengikuti festival Pertanian OKI Bird Club (POBC) Cup Ke-1, diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura (DKPTPH) di Lapangan Hatta, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Kategori festival burung kicau dilombakan 6 kelas dengan jumlah 26 sesi pertandingan. 

Dalam sambutannya, Kepala DKPTPH Kabupaten OKI sekaligus Pembina POBC Ir Sahrul M.Si., menyampaikan kegiatan festival lomba burung kicau ini dalam rangka memperat tali silaturahmi sekaligus menjaga pelestarian burung kicau.

"Kegiatan ini dalam rangka silaturahmi dan pelestarian, saya harapkan kegiatan lomba burung POBC ini kedepan tetap akan dilaksanakan sebagai agenda tahunan bagi para pencinta burung, minimal satu tahun dua kali." kata Sahrul dalam sambutannya, Minggu (08/01).

Sahrul mengharapkan, adanya festival burung ini menjadi salah satu strategi untuk menarik para wisatawan memperkenalkan kabupaten OKI melalui lomba burung kicau.

"Kita juga mengharapkan akan berkerja sama dengan pariwisata agar festival burung ini dapat dijadikan agenda untuk menarik para wisata-wisatawan, apakah ditempatkan di Lapangan Hatta atau dilokasi Danau Teluk Gelam paling tidak ini merupakan bagian sarana strategi kita memperkenalkan kabupaten OKI melalui festival lomba burung kicau," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Prasarana Sarana Pertanian (PSP) yang juga Ketua Panitia Pelaksanaan POBC Deni Darmawan S.P., M.Si., mengatakan, ada 200 peserta mendaftar mengikuti lomba festival burung ini.

"Ada 200 peserta yang mendaftar mereka datang dari berbagai daerah adapun 6 kelas yang dilombakan pada hari ini dengan jumlah 26 sesi pertandingan. Kompetisi ini menjadi sarana menguji kemampuan para peserta lomba burung yang selama ini telah melakukan perawatan dan pemeliharaan apakah burung mampu berkicau sesuai dengan yang diharapkan," jelasnya. 

Deni mengungkapkan, selain fokus pada lomba para peserta bisa sharing untuk bertukar ilmu yang bermanfaat tentang burung kicau. Untuk penilaian POBC memakai juri dari Ronggolawe. 

"Selain lomba kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi untuk para pencinta burung kicau, semoga para peserta bisa saling bertukar ilmu yang bermanfaat. Untuk penilaian kita memakai juri Ronggolawe tergabung dari berbagai daerah. Para peserta yang keluar menjadi pemenang hari ini kita telah mempersiapkan sejumlah uang tunai untuk pembinaan, trofi, sertifikat dan berbagai hadiah menarik lainnya," tandasnya.

Turut hadir dalam acara POBC Cup Ke-1, Forkopimda Kabupaten OKI, Perwakilan OPD Kabupaten OKI, Camat Kota Kayugaung dan Camat Sungai Menang.

Share

Ads