loader

Hidangan Rapat Lingkungan Pemkot Palembang Bebas Kemasan Plastik

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Pemberitahuan ini tertuang dalam surat edaran nomor 48/SE/BAPPEDALITBANG/2019 tentang gerakan pengurangan penggunaan plastik. "Maka dengan ini diwajibkan kepada seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkot Palembang untuk mengurangi penggunaan plastik pada setiap aktivitas perkantoran," begitu tertulis dalam surat edaran yang ditandatangani Wali Kota Palembang Harnojoyo dan tertanggal 31 Desember 2019.

Lebih lanjut dalam surat tersebut, setiap aktivitas seperti sosialisasi, rapat, koordinasi maupun pelatihan dan kegiatan sejenis baik di kantor maupun di hotel atau gedung untuk tidak menyediakan hidangan makanan maupun minuman menggunakan kemasan plastik. 

"Begitu juga untuk kantin di sekitar perkantoran dan sekolah untuk tidak menjual makanan dan minuman berkemasan plastik, namun bahan organik atau bahan mudah terurai seperti daun atau kertas," seperti tertulis di surat edaran.

Dikonfirmasi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kota Palembang, Alex Fernandus membenarkan, pihaknya telah menerbitkan surat edaran yang telah ditandatangani Wali Kota Palembang H Harnojoyo tersebut kepada para pejabat dan ASN yang ada di lingkungan Pemkot Palembang.

"Iya betul, kami mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada ASN untuk mengurangi penggunaan sampah plastik pada setiap hidangan makanan dalam pelaksanaan rapat," ujar mantan Camat Bukit Kecil, Jumat (3/1/2020).

Meski demikian ia tidak menampik, jika cara tersebut tak bisa mengurangi jumlah sampah 100 persen. Namun diharapkan ASN dapat lebih sadar akan lingkungan dan membudayakan budaya ramah di lingkungan kerja. Pejabat pun memberikan contoh kepada para bawahan untuk melakukan hal serupa

"Para pejabat OPD di lingkungan Pemkot Palembang bisa menjadi contoh bagi bawahannya, untuk mengganti minuman kemasan dengan tumbler yang bisa diisi ulang. Kalau ada acara/kegiatan bisa pakai gelas. Memang tidak bisa langsung 100 persen tapi minimal kita ada upaya peduli dengan lingkungan," kata Alex.

Sekretaris Daerah Kota Palembang Drs Ratu Dewa menyambut baik budaya baik seperti ini. Ia berharap budaya seperti ini dapat terus dilakukan. Tujuannya untuk menjaga lingkungan, mengurangi sampah plastik, demi mewujudkan Palembang yang bersih. "Ini menjadi prioritas OPD ini langkah yang baik, agar OPD dapat memberikan contoh kepada staffnya," singkatnya.

Share

Ads