loader

NU Minta Pemerintah Perpanjang Moratorium Sawit 10 Tahun Lagi

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Moratorium perkebunan kelapa sawit telah habis masa berlakunya pada September 2021 lalu, berkaitan dengan itu, Nahdlatul Ulama (NU) meminta pemerintah memperpanjang moratorium perkebunan sawit selama 10 tahun ke depan sebagai upaya melestarikan lingkungan dan mencegah perubahan iklim.

Rekomendasi itu tertuang dalam hasil Komisi Rekomendasi Muktamar NU di Lampung, pada 22-24 Desember 2021 lalu.

"Pemerintah perlu memperpanjang moratorium perkebunan sawit untuk setidaknya 10 tahun lagi dan mengajak para pengelola perkebunan sawit untuk menerapkan good agricultural practice untuk meningkatkan penyerapan karbon," ujar Ketua Komisi Rekomendasi Muktamar NU Alissa Wahid dalam laman resmi NU yang dikutip Kamis (30/12).

Diketahui, moratorium sawit ini telah habis masa berlakunya pada September 2021. Namun, hingga saat ini pemerintah belum mengumumkan apakah memperpanjang atau menghentikan moratorium itu.

Tak hanya itu, NU turut mendesak pemerintah harus tegas dalam pengurangan pembabatan hutan. Alissa mengatakan perubahan global, pembangunan, serta investasi sangat berpengaruh terhadap lingkungan dan perubahan iklim. Dua aspek itu menjadi keprihatinan warga dunia saat ini.

Di satu pihak, lanjut dia, Indonesia memiliki kontribusi cukup besar terhadap kerusakan lingkungan dan perubahan iklim. Di sisi lain, setiap upaya pencegahan yang dilakukan pemerintah Indonesia justru menimbulkan ketimpangan antara manfaat yang diperoleh dengan keuntungan yang didapat negara-negara maju.

Share

Ads