loader

Energi Hijau di Pagaralam Dipuji Jokowi, Herman Deru: Bukti Komitmen Pelestarian Alam

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Kontribusi pemerintah daerah di Sumsel dalam menerapkan pengembangan energi hijau telah mendapatkan apresiasi dan dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Pagaralam disebut sebagai satu-satunya kota di Indonesia yang telah 100 persen menerapkan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) sebagai sumber energi yang masuk dalam kategori Energi Baru Terbarukan (EBT). Energi ini untuk mensuplai sumber kelistrikan di seluruh wilayahnya dengan memanfaatkan tenaga mikrohidro. 

“Suplai energi listrik dengan memanfaatkan energi hijau di Pagaralam tersebut menandakan jika masyarakat mampu menjaga seluruh komponen ekosistem alam. Seperti hutan yang masih baik, pohon tidak ditebang sembarangan. Tentu berpengaruh terhadap Daerah Aliran Sungai sehingga bisa dijadikan sumber energy kelistrikan melalui PLTA tersebut,” kata Gubernur Sumsel H Herman Deru, Selasa (25/1).

Menurutnya, jika tidak adanya komitmen dari pemerintah dan masyarakat dalam menjaga lingkungan, tentu pemanfaatan SDA sebagai EBT tidak akan bisa terealisasi.

“PLTA itu tidak mungkin berfungsi dengan baik jika ekosistem alamnya rusak. Kelestarian ekosistem alam ini sudah menjadi komitmen kami (Pemprov),” tuturnya.

Share

Ads