loader

Konsisten Dukung Program Penghijauan, BCA dan Pemkot Lubuklinggau Tanam 100 Bibit Pohon 

Foto
Kepala BCA KCU Lubuklinggau Royani (kiri) dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Lubuklinggau Subandio Amin dalam acara seremoni penanaman pohon di Kelurahan Perumnas Rahma

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Sebagai bagian dari perbankan nasional, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) berkomitmen memberikan nilai tambah melalui berbagai program. 

Menyongsong perwujudan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), BCA bersama dengan Alam Hijau Lestari melaksanakan program penghijauan dengan menanam 100 bibit pohon di Kelurahan Perumnas Rahma, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa (5/7/2022).

Seremoni kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BCA KCU Lubuklinggau Royani, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Subandio Amin, Danramil 406-08/Lubuklinggau Kapten Inf. Ajun. Taufik, Kapolsek Kecamatan Lubuklinggau Selatan I Iptu Hilal Subhi, Camat Lubuklinggau Selatan I Letty Alldila, Lurah Kelurahan Perumnas Rahma Indra Kristiawan, perwakilan SMP Negeri 13 Kota Lubuklinggau Siti Rosida. 

Seremoni ini juga dihadiri oleh segenap karyawan BCA, Staf dinas lingkungan hidup dan Kelompok Sampah Berkah kelurahan Perumnas Rahma yang berpartisipasi dalam melakukan penanaman bibit.

“Lingkungan yang hijau dan asri pastinya menjadi sebuah kenyamanan bagi banyak pihak. Sadar akan pentingnya penghijauan, BCA pun berinisiasi bersama dengan dinas setempat untuk menciptakan lingkungan hidup yang nyaman khususnya untuk masyarakat Lubuklinggau. 

Sekecil apapun aksi yang dilakukan akan memberikan dampak yang positif bagi lingkungan hidup. Program penanaman 100 bibit pohon hari ini merupakan upaya nyata yang dilakukan oleh BCA bersama dengan pemkot Lubuklinggau untuk membuat kota Lubuklinggau yang lebih asri,” ujar Kepala BCA KCU Lubuklinggau Royani.

Pada kesempatan ini, dilaksanakan program penanaman 100 bibit pohon Mahoni. Penanaman bibit ini kian mempercantik dan memperbaiki udara di kawasan Jalan Kelurahan Perumnas Rahma.

Bibit pohon ini juga memiliki manfaat yang baik dan cocok untuk ditanam di kawasan perumahan karena mampu membuat suasana menjadi teduh.

BCA pun turut melibatkan “Kelompok Bank Sampah Berkah” yang telah bermitra dengan DLH Kota Lubuklinggau. Melalui kelompok ini, masyarakat diajak untuk turut serta dalam meningkatkan kepedulian terhadap kesejahteraan lingkungan. 

Kelompok ini senantiasa berpartisipasi dalam kegiatan 3R seperti pembuatan pupuk kompos, penanaman pohon dan aktivitas penghijauan lainnya.

Menandai perayaan ulang tahun ke-65, BCA kembali mewujudkan komitmen terhadap agenda SDGs tersebut dengan menargetkan penanaman 18 ribu pohon, sekaligus memperkuat kesadaran insan BCA atas nilai utama pelestarian lingkungan. 

Penanaman pohon di Lubuklinggau ini juga dilaksanakan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati tiap 5 Juni dan Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia tiap 17 Juni. 

“BCA Go Bi6 5tep,” menjadi tema utama dalam gerakan penanaman pohon ini, yang mengajak 25 ribu karyawan BCA di 12 Wilayah dan Kantor Pusat untuk melakukan “virtual walk” dengan nama Walk for Tree demi aksi penyelamatan bumi. 

Setiap partisipasi langkah virtual walk karyawan BCA akan dikonversi kedalam bibit pohon untuk ditanam di area hutan kota, hutan bakau, pemukiman penduduk, tepi jalan tol/jalan raya di berbagai wilayah di Indonesia. 

Diketahui, inisiatif Walk for Tree akan berlangsung dari Maret hingga seluruh bibit pohon selesai ditanam dan akan dilanjutkan dengan kegiatan perawatan. Jenis-jenis pohon yang akan ditanam memiliki dampak signifikan terhadap pengurangan emisi karbon, pemulihan alam serta pengaturan iklim. 

Sebagai informasi, BCA senantiasa aktif mewujudkan komitmen dalam pembangunan berkelanjutan dengan mengedepankan nilai-nilai environmental, social, and governance (ESG). BCA memperkuat komitmennya dengan penyaluran kredit untuk sektor-sektor berkelanjutan yang mencapai Rp161,6 triliun di Maret 2022. Angka tersebut naik sebesar 25,6% YoY, dan berkontribusi hingga 24,9% dari total portofolio pembiayaan BCA. Selain itu, BCA juga melakukan beberapa inisiatif lain seperti pengelolaan limbah kartu dan EDC, serta turut pemadaman lampu selama 1 jam pada 544 gedung kantor BCA untuk mendukung program Earth Hour beberapa waktu lalu.

Share

Ads