loader

Aipda Dodi Permana, Polisi yang Dapat Kalpataru dan Umrah karena Sampah

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Aipda Dodi Permana, anggota Polri yang bertugas di Polres Lahat membuat bangga semua orang. Polisi satu ini mendapatkan Kalpataru, penghargaan dari pemerintah yang diberikan kepada perorangan atau kelompok atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia.

Lalu apa yang dilakukan Aipda Dodi Permana sehingga dapat Kalpataru? 

Aipda Dodi Permana mengatakan, dirinya tergerak membuat bank sampah lantaran melihat kondisi daerah dan masyarakat yang kerap membuang sampah sembarangan.

"Awal mulanya saya pindah ke Lahat dan melihat kondisi masyarakat yang masih kurang peduli dengan lingkungan membuang sampah sembarangan, membuat saya tergerak untuk membuat bank sampah mengajak teman, masyarakat, dan sejumlah organisasi di Lahat danAlhamdulillah mereka menyambut baik dan mau bekerja sama," tuturnya, Kamis (28/7/2022).

Sampah yang dikumpulkan lalu dipilah sesuai jenisnya, organik dan anorganik. Sampah anorganik diolah menjadi karya seni atau sesuatu yang dapat digunakan kembali. Kemudian sampah organik diolah menjadi sampah.

"Kami ciptakan suatu metode yang  disambut baik masyarakat, bahkan dengan mengelola bank sampah sebagian masyarakat bisa mendapatkan pekerjaan baru dan menghasilkan ekonomi di lingkungan rumah tangga. Sampah organik kami jadikan pupuk dan anorganik diolah menjadi kreasi yang bisa dijual," katanya.

Share

Ads

Berita Pilihan

Terpopuler