loader

Program Tempat Pengolahan Sampah 3R Kurangi Kekumuhan di Desa

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Program sanitasi pembangunan tempat pengolahan sampah reduce reuse recyle (TPS 3R) efektif dalam mengurangi kekumuhan di desa. Program yang dicanangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berjalan dengan baik di desa-desa di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). 

"Program ini merupakan peluang bagi desa-desa yang ada di Bumi Bende Seguguk dalam mengoptimalkan pembangunan penyelenggaraan prasarana dan sarana persampahan," ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kabupaten OKI, Ir Asmar Wijaya, melalui Kepala Bidang Tata Bangunan, Isa Irawan, ST, Rabu (21/9/2022).

Lebih lanjut Isa menjelaskan, sebelum program itu berjalan pihak dari Pemerintah Desa (Pemdes) setempat mengajukan terlebih dahulu proposal lengkap, beserta hibah tanah tempat lokasi yang akan dibangunkan TPS 3R kepada Dinas PRKP OKI untuk ditindak lanjuti.

“Sebelum program berjalan pihak dari Pemdes mengajukan proposal terlebih dahulu dan proposal tersebut sudah melampirkan hibah tanah untuk pembagunan, tidak akan mungkin pihak kami merealisasikan proposal itu jika tidak ada hibah tanahnya. Terkait pengadaan Becak Motor (Bentor) itu sudah ada di dalam kegiatan posisinya,” terangnya.

Pengelolaan dari program TPS 3R yang di danai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) ini langsung dikelola oleh KSM masing masing.

“Jelasnya program TPS 3R itu langsung dikelola oleh KSM. Untuk seluruh dana pencairan program itu langsung masuk ke rekening KSM masing masing dan pihak dari KSM lah yang mencairkannya," ujarnya.

Share

Ads

Berita Pilihan

Terpopuler