loader

Sumsel Siagakan Personil dan Peralatan Penanggulangan Bencana Banjir dan Tanah Longsor 

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Provinsi Sumsel menyiagakan pesonil dan peralatan dalam rangka penguatan kapasitas pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor. Kesiapsiagaan penanggulangan menyusul prakiraan puncak musim hujan pada Desember hingga triwulan pertama 2023. 

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, kondisi geografis Sumsel dengan dataran tinggi di bagian Barat seperti Pagaralam, Lahat, Muara Enim dan OKU Selatan, berpotensi terjadinya peristiwa alam seperti Gunung Meletus, Guguran Larva Panas, Gas Beracun/Belerang (Gunung Dempo) yang merupakan gunung api aktip, Tanah Longsor, Banjir Bandang dan Angin Puting Beliung. 

Sementara di bagian timur yang merupakan dataran rendah dan perairan seperti Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir dan Palembang, mempunyai potensi terjadinya potensi banjir akibat luapan air sungai dan menimbulkan genangan yang dipengaruhi oleh musim hujan dan pasang air laut. Selain itu juga pada daerah yang lebih terbuka dapat terjadi angin puting beliung. 

Semua rangkaian peristiwa alam tersebut sebenarnya merupakan peristiwa alam biasa yang bisa saja terjadi, namun dampak dari peristiwa alam tersebut menjadi masalah atau menjadi bencana, seperti merobohkan rumah, merusak sarana prasarana dan fasilitas masyarakat yang ada, atau bahkan menimbulkan korban jiwa baik luka-luka atau bahkan meninggal dunia. 

"Peristiwa alam tersebut dapat berubah menjadi bencana apabila kita tidak siap dan melaksanakan upaya kesiapsiagaan mulai dari pemetaan daerah rawan bencana. Karena itu diperlukan penguatan kapasitas masyarakat dan aparat seperti pelatihan," jelas Herman Deru dalam apel kesiapsiagaan, Rabu sore (7/12/2022). 

Menurut HD hal lain yang lebih penting juga adalah kondisi alam, bencana ini terjadi juga karena terdegradasinya kondisi alam atau kurangnya daya dukung alam seperti kerusakan hutan, pertambangan, budaya masyarakat seperti membuang sampah sembarangan dan lain lain. 

Share

Ads Ads