loader

Sumsel Siagakan Personil dan Peralatan Penanggulangan Bencana Banjir dan Tanah Longsor 

Foto

"Maka dari itu Saya selalu menghimbau agar kita dapat memanfaatkan alam ini secara bijak untuk meningkatkan perekonomian tanpa merusak alam sehingga kehidupan kita akan terjaga dan terlebih lagi kita masih dapat mewariskan alam dan lingkungan yang lestari untuk kehidupan anak cucu kita dimasa yang akan datang," tambahnya. 

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) bahwa musim hujan 2022/2023 telah mulai terjadi sejak awal September 2022 pada sebagian wilayah Sumatera Selatan. Ditambah terjadi pula fenomena la nina dan menguatnya Dipole Mode yang menyebabkan curah hujan meningkat di atas rata-rata tanpa mengalami musim kemarau, dengan perkiraan puncak musim hujan dan curah hujan tinggi. 

Puncak musim hujan di wilayah Sumatera Selatan diprakirakan mengalami puncak musim hujan pada bulan Desember 2022. 


Sementara Kepala Pelaksana BPBD Sumsel Iriansyah menjelaskan, perlu dilaksanakan upaya pencegahan dan kesiapsiagaan, berupa penyiapan personil dan peralatan untuk memudahkan mobilisasi ke lokasi bencana atau ke daerah rawan bencana. 

Menurutnya mobilisasi personil dan peralatan ke lokasi bencana atau ke daerah rawan bencana untuk membantu melaksanakan bantuan pertolongan untuk meminimalisir dampak bencana berupa kerusakan sarana prasarana maupun korban jiwa. 

Dalam kesempatan itu selain meninjau pasukan, Gubernur Sumsel H. Herman Deru juga mengecek peralatan yang disiagakan. Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan CSR dari sejumlah perusahaan seperti PT. Pusri, PT Sampoerna Agro, PT. Bank Sumsel Babel dan PTBA yang sebagian besar merupakan sembako. 

 

Share

Ads