loader

Tak Lama Lagi, Sumut - Riau Akan Terhubung Jalur Rel Kereta Api

Foto

MEDAN, GLOBALPLANET - Setelah sebelumnya berhasil menuntaskan proyek jakan Trans Sumatera tahap pertama, kini Presiden Jokowi mulai menyatukan Sumatera melalui jalur kereta api, termasuk dari Kota Rantauprapat, ibukota Kabupaten Labuhanbatu Induk (Provinsi Sumatera Utara) ke Provinsi Riau.

Menurut Manager Humas PT KAI (Persero) DivreI SU M Ilud Siregar kepada para wartawan di Medan, Selasa (7/1/2020), untuk jalur KA Rantauprapat ke Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (,Labusel) sejauh ini telah berhasil dibangun hingga 90%.

"Pembangunan jalur KA Rantauprapat-Kotaoinangpinang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN). Panjang rute ini kurang levih 33 kilometer," kata Ilud.

Pembanguman proyek itu dilakukan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Untuk wilayah Sumatera Utara, kata Ilud, berada di bawah Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah I Sumatera Bagian Utara. 

Menurut PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) Wilayah III Balai Teknik Perkeretaapian  Wilayah I Sumatera Utara Lurianto Lukito, pembangunan PWN itu masih terus berlanjut.

Ia mengungkapkan, pengetjaan PSN itu dimulai sejak tahun 2017dan diprediksi rampung tahun 2020. "Mengingat pada akhir Desember 2019 kemarin progresnya mencapai 90%, maka kami ptediksi di tahun 2020 ini PSN itu selesai," kata Lukito.

Ia merinci, untuk kegiatan pekerjaaan meliputi pembebasan lahan dan pembangunan kontruksi yang sesuai dengan aturan yang berlaku meliputi antara lain tubuh jalan berupa pekerjaan galian dan timbunan, pemasangan rel R.54 beserta bantalan beton dan aksesorisnya.

"Lalu, emasangan wesel baru R.54 bantalan beton di 4 emplasemen stasiun baru, pembangunan jembatan dengan konstruksi I-Girder, box culver, over pass dan under pass, persinyalan elektrik serta pembangunan stasiun Rantauprapat baru, N1, Aek Nabara dan Pondok S5," tegas Lukito.

Share

Ads