loader

Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI, Dudung Abdurachman Jadi KSAD

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Presiden Jokowi melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun. Pelantikan dilakukan di Istana Negara Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Menurut Jendral Andika bahwa jabatan tersebut adalah sebuah kehormatan dan amanah yang luar biasa.

"Ini suatu kehormatan besar bagi saya dan keluarga atas kepercayaan yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia dan dukungan dari DPR RI sehingga akhirnya saya bisa dilantik," kata Andika di Istana Negara Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Dia menuturkan akan melanjutkan program kerja yang sudah dilaksanakan dengan baik oleh pendahulunya, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Andika menilai banyak hal baik yang perlu dilanjutkan dan dievaluasi.

"Program kerja kita akan melanjutkan secara umum karena kita sudah dibatasi ruang-ruang yang sudah dicantumkan UU 34 tahun 2004 dan saya akan terus tapi memang detailnya saja dari tiap tugas itu yang perlu sedikit evaluasi," jelas dia.

Andika berharap, seluruh TNI bisa terus menjadi bagian satu kesatuan dengan rakyat. Seperti semangan atas misi yang dibawanya, bahwa TNI adalah kita.

"Saya ingin kita menjadi bagian dari kita sendiri dan kita semua di tengah keluarga teman maupun sanak saudara kita semua, karena kita adalah bagian dari mereka," kata dia.

Di tempat yang sama Presiden Joko Widodo juga melantik Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Rabu (17/11/2021).

Dudung dilantik menggantikan Panglima TNI terpilih, Jenderal Andika Perkasa.

Pelantikan Dudung sebagai KSAD dituangkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 107 TNI Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

"Memberhentikan dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa dari jabatannya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah disumbangkan kepada bangsa dan negara Republik Indonesia selama memangku jabatan tersebut," demikian keppres tersebut dibacakan Sekretaris Militer Presiden, Tony Harjono.

"Mengangkat Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat,” demikian lanjutan keppres.

Dudung lantas mengucap sumpah jabatan dipandu langsung oleh Presiden Jokowi.

 

 

Share

Ads