loader

Pemerintah Pilih Sumsel dalam Proyek Hilirisasi Batubara untuk Menggantikan LPG

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sangat tepat untuk dijadikan proyek hilirisasi pertambangan batubara. Pemerintah Pusat bersama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Pertamina akan mengolah batu bara berkalori rendah menjadi Dimethyl Ether (DME) untuk menggantikan Liquefied Petroleum Gas (LPG). 

Hal tersebut disampaikannya saat Rapat Koordinasi bersama Gubernur Provinsi Sumsel H Herman Deru dan Direktur Utama PT Bukit Asam di Hotel Santika Premiere, Senin (10/1) siang. 

Menurut Bahlil hilirisasi ini menjadi sektor prioritas, karena  Pemerintah berupaya untuk mengurangi subsidi LPG. Untuk itu, Bahlil mengatakan jika proyek ini berhasil, Provinsi Sumsel akan menjadi daerah pertama di Indonesia untuk industri hilirisasi batubara low kalori. 

“Kita berfikir untuk memanfaatkan dari batubara low kalori ini, dengan  kolaborasi PT Bukit Asam, Pertamina, dan Air Products. Hari ini Saya datang untuk memastikan sebenarnya terkait persiapannya karena ini pertama di Indonesia," Katanya 

Share

Ads