loader

Duta Literasi Sumsel Terima Penghargaan dari Perpusnas, Ini Potrernya

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Duta Literasi Sumsel Ratu Tenny Leriva mendapatkan penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka Tahun 2022 untuk kategori Tokoh Masyarakat dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas).  Penghargaan tersebut diserahkan  pada acara Gemilang Perpustakaan Nasional yang dilaksanakan di Integrity Convention Center (ICC), Senin malam (14/11).

Nugra Jasa Dharma Pustaloka merupakan penghargaan kepada masyarakat yang berhasil menggerakkan budaya gemar membaca. Hal itu tertuang dalam Undang-Undang Nomor 43/2007 tentang Perpustakaan (Pasal 51, ayat 6). Penghargaan itu sendiri diberikan kepada perseorangan, kelompok, dan lembaga yang telah berhasil memprakarsai, mendorong, dan melakukan kegiatan gerakan pembudayaan kegemaran membaca dan literasi di Indonesia.

Sebanyak delapan kategori terbaik yang mendapatkan penghargaan tertinggi Nugra Jasa Dharma Pustaloka dalam malam apresiasi Gemilang Perpustakaan Nasional Tahun 2022, yang diselenggarakan secara onsite dan virtual.

Kategori tersebut antara lain kategori pejabat publik, tokoh masyarakat, pegiat literasi, media massa, jurnalis, pelestari naskah kuno, buku (pustaka) terbaik, dan lifetime achievement.

Duta Literasi Sumsel, Ratu Tenny Leriva Herman Deru mengatakan penghargaan yang diterimanya itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri terlebih lagi diserahkan langsung Kepala Perpusnas. "Penghargaan ini bukan milik saya pribadi, namun penghargaan untuk kita semua," katanya.

Anugerah Nugra Jasa Dharma Pustaloka tak lantas membuat dirinya merasa berpuas diri, namun menjadi pemicu dan pemacu untuk terus melakukan sosialisasi pembudayaan gemar membaca kepada masyarakat.

Share

Ads

Berita Pilihan

Terpopuler