loader

Jelang Ramadhan, Unit Pidsus Polres OKU Timur Monitoring Harga dan Ketersediaan Minyak Goreng

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Menjelang bulan ramadhan maupun puasa Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres OKU Timur, melalui Unit Pidana Khusus (Pidsus) pada Senin (13/02/2023) melakukan monitoring harga dan ketersedian bahan kebutuhan pokok  minyak goreng di pasar yang ada di wilayah Bumi Sebiduk Sehaluan.

Monitoring dipimpin Kasat Reskrim AKP Hamsal, SH, MH, dan Kanit Pidsus Iptu Wilson Gutahaean, SH, monitoring harga dibeberapa toko yang ada di Martapura dan gudang Bulog di Jalan  Lintas Tengah Sumatera, Kelurahan Sungai Tuha, Kecamatan  Martapura OKU  Timur

Kapolres OKU Timur, AKBP Dwi Agung Setyono, SIK, MH, melalui Kasat Reskrim AKP Hamsal, SH, MH, mengatakan, kegiatan monitoring serta pengecekan harga dan ketersediaan  bahan kebutuhan pokok ( minyak goreng ) di wilayah, dilakukan bersama Disdagprin OKU Timur.

Berdasarkan hasil pengecekan dan monitoring stok ketersedian bahan kebutuhan pokok ( minyak goreng ) di wilayah Kecanatan Martapura,  OKU Timur masih mencukupi, stabil dan tidak terjadi kelangkaan,katanya.

Sampai saat ini  belum ditemukan tindakan penimbunan terhadap stok minyak goreng baik curah dan kemasan. Kemudian  dilakukan sosialisasi kepada pemilik toko dan penjual minyak goreng baik curah dan kemasan untuk  tidak melakukan kegiatan penyelewengan maupun  penimbunan minyak goreng yang menyebabkan kelangkaan dan harga tinggi

Data ketersedian minyak goreng, toko Bumi Makmur stok minyak curah : 7.000 Liter, harga jual  Rp 14.000 sampai dengan Rp 14. 500. Stok minyak kemasan
minyak merk tawon   stok : 2000 dus harga Rp 174.000  perdus, harga perkemasan : Rp 14.500. Minyak merk kompas stok : 299 dus harga : Rp. 178.000 perdus, harga perkemasan  Rp. 14.800. Minyak merk Sovia stok : 120 dus harga : Rp. 212.000 perdus, harga perkemasan : Rp. 17.600.
  
Toko Makmur, stok minyak curah : 720 Liter harga jual Rp 14.000 sampai dengan Rp 14.200. Stok minyak kemasan minyak merk tawon  stok  80 dus, harga Rp 173.000  perdus, harga perkemasan : Rp. 14.500. Minyak merk rose brand stok tujuh dus, harga  Rp 196.000 perdus, harga perkemasan Rp16.300.

Sedangkan di gudang Bulog stok minyak kemasan  kosong sudah didistribusikan dalam kegiatan operasi pasar di Kecamatan Buay Madang, OKU Timur dan pasar Baturaja di  OKU berdasarkan eterangan Asmen PP Bulog Baturaja Subandi.

Kemudian akan dilakukan monitoring dan pengecekan terhadap terhadap harga dan ketersediaan bahan pangan ( minyak goreng ) yang ada di wilayah OKU Timur setiap hari nya, guna mengantisipasi kegiatan penyelewengan dan penimbunan minyak goreng yang berakibat naik nya harga.

Melakukan kordinasi dengan instansi terkait dalam hal pencegahan kegiatan penyelewengan maupun penimbunan bahan kebutuhan pokok ( minyak goreng). Jikdiketemukan pelanggaran hukum akan dilakukan penindakan secara hukum terhadap pelaku usaha  yang menimbun bahan kebutuhan pokok ( minyak goreng ) di wilayah hukum Polres OKU Timur,tegasnya.

"Kita akan terus melakukan monitoring dan pengecekan ketersedian bahan pokok minyak goreng,"ungkapnya.

Share

Ads