loader

Wapres Buka Munas GAPKI: Sawit Anugerah yang Patut Disyukuri

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin membuka secara resmi Musyawarah Nasional (Munas) XI Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) tahun 2023 di Jakarta. Dalam pengarahannya, Wapres menyebut kepala sawit merupakan anugerah tuhan bagi bangsa Indonesia, yang patut disyukuri. 

Kondisi tanah dan iklim Indonesia memungkinkan sawit tumbuh subur, sehingga mampu memberi sumbangan positif terhadap perekonomian. Industri kelapa sawit menjadi salah satu tumpuan sumber pendapatan negara. "Tahun 2022, devisa ekspor dari industri kelapa sawit mencapai USD39,28. Rekor tertinggi dibandingkan tahun - tahun sebelumnya," ujarnya, Jumat (3/3/2023).

Wapres meyakini sawit akan tetap menjadi pilar penting bagi perekonomian, karena permintaan produk sawit akan diprediksi terus meningkat. Pada tahun 2035, permintaan pangan atau olefood akan mencapai USD106 miliar. Industri Oleokimia akan mencapai US 190 miliar. "Potensi ini harus kita manfaatkan dengan baik. Sampai saat ini saja, industri sawit mampu menyediakan lapangan kerja bagi 16,2 juta tenaga kerja, baik langsung maupun tidak langsung," katanya.

 

Share

Ads

Berita Pilihan

Terpopuler