loader

5 Arahan Wapres bagi Anggota GAPKI dan Perusahaan Besar di Industri Sawit 

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin resmi membuka Munas XI GAPKI 2023. Munas ini untuk memilih pengurus GAPKI periode 2023-2028. 

Dalam Munas ini, Wapres menyampaikan sejumkah arahan untuk anggota GAPKI dan perusahaan besar di Industri kelapa sawit. Berikut arahan lengkap Wapres:

Pertama, perkuat jalur kemitraan antara petani dengan perusahaan besar, termasuk pada program peremajaan sawit rakyat (PSR). Kemitraan merupakan elemen penting yang berkaitan dengan aspek persaingan usaha dan keberlanjutan industri. "Prinsif kemitraan didasari asas manfaat, berkelanjutan dan saling menguntungkan harus terus dipromosikan. Kita ingin oendapatan dan kesejahteraan petani sawit juga meningkat," katanya, Jumat (3/3/2023).

Kedua, melakukan pendampingan dan bimbingan Sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil atau ISPO lahan sawit rakyat. "ISPO penting untuk membangun kepercayaan dunia atas kualitas tata kelola kelapa sawit Indonesia," katanya. 

Ketiga, meningkatkan dan mengoptimalkan program CSR untuk masyarakat sekitar kebun, termasuk untuk lingkungan lestari, kesehatan, pendidikan dan pembinaan masyarajat.

Keempat, meningkatkan kepeloporan anggota GAPKI dalam mengembangkan wilayah terpenting dengan tetap menjaga kelestarian alam setempat. "Banyak daerah di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi telah berkembang karena ekonomi kelapa sawit," ucapnya. 

Kelima, pemberdayaan masyarakat sekitar perkebunan agar ditingkatkan. Seperti GAPKI dapat bekerja sama, membina dan membimbing pondok pesantren untuk melahirkan santripreneur di bidang perkebunan dan industri kelapa sawit. "Pola kemitraan antara petani dengan perusahaan diharapkan berkontribusi mengurangi jumlah penduduk miskin di pedesaan," katanya. 

Wapres juga mengingatkan jajaran kementerian dan lembaga terkait agar segera melakukan harmonisasi regulasi terutama untuk penyelesaikan status perkebunan di kawasan hutan, dan percepatan program PSR yang realisasi masih belum sesuai target. 
 

 

 

Share

Ads