loader

Gubernur Bersama Pangdam dan Kapolda Sumsel Tinjau Lokasi Babinsa Tewas Terinjak Gajah Ngamuk

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Diketahui, akibat amukan gajah liar tersebut menyebabkan beberapa warga terluka dan satu anggota TNI AD, Serka Anumerta Iskandar Zulkarnain (49), Babinsa Koramil Air Sugihan Kodim 0402/OKI meninggal dunia di tempat kejadian akibat diinjak oleh gajah liar tersebut.

Selain meninjau lokasi kejadian, kedatangan Pangdam II/Swj, Gubernur Sumsel dan Kapolda Sumsel ke Desa Banyu Biru, Kecamatan Air Sugihan ini untuk mengetahui secara langsung bagaimana kronologis kejadian, sekaligus juga mengumpulkan data dan fakta untuk mengetahui penyebab konflik manusia dengan hewan liar ini.

Seperti halnya konflik manusia dengan harimau beberapa waktu lalu di wilayah Kota Pagaralam dan Kabupaten Lahat serta Kabupaten Muara Enim, Gubernur tak ingin persoalan ini berlarut-larut dan menimbulkan korban jiwa. Gubernur juga tidak ingin masyarakat terprovokasi melakukan aksi balasan terhadap hewan yang dilindungi tersebut.

“Tidak  boleh lagi ada hewan buas yang mengganggu kehidupan manusia di lingkungannya. Tetapi di sisi lain hewan-hewan ini dilindungi dan harus kita jaga sebagai salah satu ciri khas flora dan fauna di Indonesia," kata gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur mengajak seluruh yang hadir untuk mengirimkan do’a kepada Serka Anumerta Iskandar Zulkarnain dengan membaca Surat Al-Fatehah dan mendo’akan agar warga yang luka-luka yang saat ini dirawat di Rumah Sakit agar cepat diberikan kesembuhan.

Sementara itu, Pangdam II/Swj berpesan kepada para Babinsa agar selalu menjaga faktor keamanan dan keselamatan pada saat setiap melaksanakan tugas. “Kalau ada gajah yang masuk desa, jangan sampai terlalu dekat, kasih tahu rekan-rekan Babinsa yang lain dan juga masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Serka Anumerta Iskandar Zulkarnain yang bertugas sebagai Babinsa di Desa Banyu Biru, Kecamatan Air Sugihan, meninggal dunia karena diserang gajah liar yang masuk ke permukiman warga. Almarhum yang mendapat laporan warga ada gajah yang masuk kampung pun membantu warga menghalau hewan liar tersebut.

Nahas saat gajah tersebut balik menyerang warga, korban terjatuh dan diinjak gajah tersebut. Serka Anumerta Iskandar gugur saat menghalau seekor gajah yang masuk pemukiman warga di Dusun Belanti Desa Banyu Biru kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Rabu (4/3/2020). (Ikl)

Share

Ads