loader

Sidak Jelang Natal, BBPOM Amankan 397 Produk Tak Layak Konsumsi

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET. - "Permintaan konsumen dan pasokan barang pasti mulai meningkat di menjelang natal dan Tahun baru, jadi untuk langkah antisipasi kita lakukan inspeksi mendadak (sidak) di dua tempat, yakni Lottemart dan Farmer Garden yang berlokasi di PTC," ujar Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, Kamis (10/12/2020). 

Di Lottemart, pihaknya menemukan satu produk makanan berbahaya yang mengandung formalin. Ia juga mengimbau tempat usaha/market untuk lebih teliti memastikan kemasan produk yang masuk di Palembang harus aman dan teruji. 

"Dari 22 sampel yang kami ambil di Lottemart ada satu sampel yang menunjukkan bahwa produk tersebut positif mengandung formalin. Nah selanjutnya sampel-sampel dibawa untuk diteliti lebih lanjut oleh BBPOM," kata Fitri. 

Di tempat yang sama, Kepala BBPOM Kota Palembang Yosef Dwi Irwan menerangkan, sementara dari temuan di Farmer garden PTC Mall tersebut didapati 397 pcs produk tidak layak dengan nilai total Rp 8 juta. 

"Dari 397 pcs produk yang kami sita di Farmer Garden, 57 pcs tidak memiliki izin edar, satu expayet, 39 pcs kemasan rusak dan sisanya TMK Label. Dengan total nilai produk Rp8 Juta," terang Yosef. 

Dari produk makanan yang disita salah satunya adalah bayi gurita yang terbukti memiliki zat berbahaya (formalin) dengan tes Rapid sebagai screening awal. 

"Semua produk yang kami sita hari ini akan dibawa untuk diuji lebih lanjut. Jika hasil kembali positif mengandung zat berbahaya lagi kami musnahkan. Sudah menjadi hak konsumen untuk menerima produk yang aman," jelasnya. 

Share

Ads