loader

Unit Layanan Disabilitas Ketenagakerjaan di Muba Resmi Beroperasi

Foto

MUBA, GLOBALPLANET.news - "Jadi, Unit Layanan Disabilitas Ketenagakerjaan ini punya tugas diantaranya merencanakan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak atas pekerjaan penyandang disabilitas," ujar Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin.

Selain itu, sambung dia, unit layanan disabilitas ketenagakerjaan bertugas pula untuk memberikan informasi kepada Pemerintah, Pemda, dan perusahaan swasta mengenai proses rekrutmen, penerimaan, pelatihan kerja, dan pengembangan karir yang adil tanpa diskriminasi.

"Kemudian, menyediakan pendampingan tenaga kerja penyandang disabilitas, menyediakan pendampingan kepada pemberi kerja yang menerima tenaga kerja penyandang disabilitas, dan mengkoordinasikan unit layanan disabilitas ketenagakerjaan," tambahnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate ini menuturkan, pengoperasian tersebut menjadi momentum penting dan membangun spirit bersama dengan slogan membangun SDM unggul Muba yang akan menjadi fondasi setiap pengembangan SDM di Muba.

"Ke depan Pemkab Muba akan mendorong pembangunan pusat pelatihan yang terintegrasi dan bersertifikasi nasional dan internasional serta akan merevitalisasi Balai Latihan Kerja, sehingga seluruh pelatihan yang ada akan sesuai dengan kebutuhan pasar industri baik yang ada di Muba maupun di luar Muba," harapnya.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muba, Mursalin, menambahkan, sebanyak 24 perusahaan di Kabupaten Muba telah menandatangani MoU dalam beberapa bidang, salah satunya penyelenggaraan kerjasama dalam bidang pemberdayaan dan penempatan tenaga kerja lokal penyandang disabilitas.

"Lalu, penyelenggaraan kerjasama dalam bidang pelatihan dan produktivitas tenaga kerja dan penyelenggaraan kerjasama dalam bidang penyelesaian perselisihan hubungan industrial dan kesejahteraan tenaga kerja," tandas dia.

Share

Ads

Berita Pilihan

Terpopuler