loader

Kejar UHC, Anggaran BPJS Palembang Rp107 Miliar

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Hal ini disampaikan Wali Kota Palembang Harnojoyo usai audiensi dengan pihak Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan BPJS Kesehatan Kota Palembang di Rumah Dinas Wali Kota Palembang, Selasa ( 4/5/ 2021).

UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga mendapat pelayanan dan jaminan kesehatan dan dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

"Saat ini kita fokuskan untuk para pemilik usaha agar segera mendaftarkan BPJS Kesehatan untuk seluruh pegawai atau pekerjanya agar target UHC bisa tercapai tahun ini,” ungkap Harnojoyo.

Di tempat yang sama, PLT Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Dokter Fauziah mengungkapkan, turun naiknya jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan Kota Palembang sangat memengaruhi ketercapaian UHC saat ini.

"Naik turunnya kepesertaan BPJS Kesehatan ini dipengaruhi karena ada yang meninggal ada juga yg dinonaktifkan atau juga pengalihan pembayaran dari mandiri ke pemerintah atau sebaliknya, tapi tahun ini insyaAllah target UHC tercapai,” ungkap dr Fauziah.

Dirinya juga menambahkan, anggaran untuk BPJS Kesehatan di tahun 2021 meningkat, dari yang sebelumnya Rp 97 miliar rupiah menjadi Rp 107 miliar rupiah.

"Karena tahun lalu digabung dengan Bankeu dari Provinsi, sedangkan dari Pemerintah Kota Rp 45 miliar. Tahun 2021 ini menjadi Rp 107 miliar, karena sasarannya orang Palembang maka yang dibahas ini kepesertaan penerima upah, " tambahnya.

Share

Ads