loader

Seniman Berharap Lebih Diperhatikan Pemerintah

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - "Lagu-lagunya memang luar biasa, bahkan kita sempat berdendang bersama tadi," kata Fitri usai berkunjung langsung di kediaman pribadi Washington di Jalan Madang Dalam Kelurahan Sekip Jaya, Kecamatan Kemuning Palembang, Selasa (15/6/2021).

Fitri juga menyampaikan, bahwa dirinya akan segera berkomunikasi dengan Wali Kota Palembang, Harnojoyo untuk dapat membantu para seniman di kota Palembang, sehingga setiap hasil karya yang diciptakan oleh para seniman dapat mendatangkan manfaat sendiri bagi para penciptanya.

"Seperti yang diharapkan beliau tadi, bahwa seniman ini harus dihargai dengan baik, sehingga bisa mendatangkan kontribusi yang bermanfaat untuk mereka," ucapnya.

Diketahui, dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, Washington rela menjadi pengamen dan mengelilingi kota Palembang.

Ia mengungkapkan, dirinya bahkan sering mengamen di tempat-tempat yang sering dikunjungi orang-orang, seperti cafe dan warung.

“Saya sekarang ngamen dimana saja, ada seperti warung atau cafe. Tapi saya datang itu mengamen yang mengasih itu pengunjung bukan pemilik warung atau cafe,” ungkap Washington.

Sementara, istri Washington Nurohana menambahkan, dalam sehari Washington hanya mampu membawa uang 50 hingga 100 ribu rupiah yang dipergunakan untuk biaya pendidikan anak keduanya yang masih berusia 15 tahun dan saat ini masih duduk di bangku kelas III SMP.

"Kalau anak pertama sudah menikah, sekarang hanya berstatus Ibu Rumah Tangga. Tentunya tidak bisa menjadi tulang punggung keluarga," ujarnya.

Selain dari hasil ngamen Washington, Nurohana yang merupakan pensiunan guru di Kabupaten Ogan Ilir itu juga mengantungkan nasib kepada uang pensiun yang masih diterima hingga saat ini.

"Untung masih ada uang pensiun saya. Saya dulu ngajar di Indralaya. Kalau bapak ngamen dapet uang alakadarnya,” tutupnya.

Share

Ads